Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, SMPIT - SMAIT Irfani Quranicpreneur Bilingual School

Educational and Spiritual Journey


Educational and Spiritual Journey

Penulis : Irfan Soleh


ketika mendirikan Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis kami memakai konsep strategi differensiasi yaitu dengan membuat ciri khas Irfani Quranicpreneur Bilingual School. Tiga hal yang terus coba kami perkuat yaitu Quran (tilawah, tafhim dan tathbiq), Entrepreneurship dan Bilingual. Metode yang paling khas yang menjadi faktor pembeda dengan lembaga lain khususnya di Jawa Barat adalah Kitab Kuning berbahasa Inggris yang kami namakan Kitab Kuning Metode Irfani. Harapannya agar para santri bisa dakwah dengan bahasa international ke berbagai penjuru dunia. Kemudian untuk membantu mewujudkan hal tersebut, kami membuat unit baru yang bernama Irfani Global Travel (IGT), strategi differensiasinya kami namakan Educational and Spiritual Journey, apa yang dimaksud strategi differensiasi? bagaiamana penerapannya pada IGT?

Strategi Differensiasi merupakan sebuah upaya atau tindakan yang dilakukan produsen untuk menciptakan perbedaan yang berarti pada produk dan jasa pelayanan yang mereka tawarkan sehingga dapat menghasilkan nilai bagi para  konsumen sekaligus memunculkan persepsi yang khas dan berarti. Menurut Hermawan Kertajaya Sebuah diferensiasi harus mampu untuk menciptakan excellent value kepada  konsumen sehingga perbedaan tersebut memiliki makna di mata  konsumen. Excellent value yang dimaksud adalah nilai yang ditawarkan akan benar-benar unik dan atau berguna supaya tak sekadar dianggap sebagai gimmick. bagaimana dengan strategi differensiasi Irfani Global Travel?

Travel Umroh dan Haji sangat menjamur di Ciamis saat ini terutama di pesantren-pesantren dimana para kyai berlomba menjadi wasilah ibadah membawa masyarakat ke tanah suci mekkah dan madinah. Awalnya pesantren Raudhatul Irfan fokusnya membantu para jemaah haji maupun umroh dalam hal penyediaan oleh-oleh nya dengan unit usaha Varissa Collection yang fokus pada busana muslim dan oleh-oleh haji umroh. Sampai pada momen dimana kami ditawari kerjasama yang bisa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui maksudnya kami bisa membantu para jemaah haji dan umroh berangkat ke tanah suci juga membantu mewujudkan cita-cita para santri menjadi santri global mencari dan mengamalkan ilmu ke berbagai penjuru dunia

Akhirnya kami membuat unit baru yang bernama Irfani Global Travel, karena tidak hanya membantu ibadah haji dan umroh namun juga membantu menjembatani pendidikan ke luar negeri. kemudian ciri khasnya kami namakan dengan Educational and Spiritual Journey karena kami berharap Irfani Global Travel tidak hanya membelikan value berupa perjalanan spiritual namun juga perjalanan pendidikan, sebuah perjalanan yang tidak hanya memberikan nilai-nilai pendidikan tetapi juga membuat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Nilai-nilai pendidikannya bisa di dapat dari mengunjungi kampus-kampus diluar negeri juga situs-situs bersejarah di berbagai belahan dunia yang mengandung banyak pelajaran yang berharga. value yang kami berikan tidak hanya menjadikan perjalanan raga yang bermakna namun juga perjalanan pemikiran dan hati atau rasa.

Debut perdana Irfani Global Travel akan berangkat besok dari tanggal 8 hingga 22 November 2023. Kami akan mengunjungi Turki dan tentunya Mekkah dan Madinah. Perjalanan di Turki tidak hanya ke situs-situs bersejarah namun juga ke salah satu kampus disana sambil penjajakan kerjasama. Sisi educational journey nya tidak hanya di Turkey tetapi juga di Madinah pun kami akan berkunjung ke kampus dan lembaga pendidikannya begitupun sisi spiritual journey nya tidak hanya di Mekkah dan Madinah, di Turki pun ita akan mengunjungi beberapa tempat dan juga situs sejarah yang bisa meningkatkan spiritualitas kita misalnya dengan memahami sejarah Bediuzzaman Said Nursi dan lainnya. Mohon do'anya mudah-mudahan perjalanan perdana kami lancar dan betul-betul bisa menikmati dan mengambil inspirasi dari Educational and Spiritual Journey ini, semoga...AMin...


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 7 November 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar