Kewirausahaan : Pengertian, Manfaat, Ciri-Ciri, Tujuan, Karakteristik



Pengertian Kewirausahaan
Kewirausahaan merupakan sebuah sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas yang tinggi. Seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan adalah orang yang aktif, unik, berdaya guna membuat sesuatu, serta bermanfaat bagi banyak orang. Kegiatan kewirausahaan memiliki proses yang dinamis demi menciptakan sesuatu yang disertai dengan model, sumber daya, waktu, serta risiko yang mungkin terjadi. Kewirausahaan merupakan proses dalam mengidentifikasi, mengembangkan dan mewujudkan visi dan misi usaha.

Ciri-ciri Kewirausahaan
Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang memiliki jiwa kewirausahaan sebagai berikut:
  • Memiliki sifat kreatif dan berani
  • Berkemauan keras dan memiliki semangat yang tinggi
  • Mampu menganalisis dengan baik
  • Memiliki jiwa kepemimpinan dan tidak boros
  • Dapat membuat keputusan dengan bijak dan bertanggung jawab
  • Mengabdi pada bisnis yang dijalankannya

Tujuan Kewirausahaan

Kewirausahaan merupakan kegiatan yang saat ini sudah banyak berkembang di Indonesia. sudah banyak yang mulai merintis usaha-usaha yang kreatif sehingga meningkatkan perekonomian di Indonesia. Berikut ini adalah tujuan kewirausahaan.
  1. Dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain
  2. Menciptakan jaringan bisnis yang baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja di daerah asal
  3. Meningkatkan kesejahteraan kehidupan diri sendiri serta masyarakat sekitar dari usaha yang dijalankannya dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat
  4. Menularkan serta mengembangkan semangat berwirausaha pada orang lain
  5. Membantu para pengusaha muda guna berkreasi serta berinovasi

Karakteristik Kewirausahaan

1. Memiliki Sifat Yang Jujur
Kejujuran ialah hal utama dalam memulai usaha serta untuk menjadi wirausahawan yang sukses perlu menanamkan sifat yang amanah. Sifat jujur disini adalah semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan Anda dilakukan dengan baik dan tidak berbuat kecurangan.
2. Disiplin
Meski dalam berwirausaha ini adalah Anda yang menjadi pemimpin, namun tetap Anda harus menanamkan sifat yang disiplin untuk kemajuan bisnis Anda.  Disiplin merupakan sifat dasar dalam meningkatkan motivasi serta semangat dalam menjalankan usaha, serta hal ini juga akan berpengaru terhadap karyawan yang Anda miliki sehingga dapat mencontoh pemimpinnya agar disiplin dalam bekerja.
3. Kreatif dan Inovatif
Seorang wirausahawan haruslah memiliki sifat yang kreatif dan inovatif. Kreatifitas adalah kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang berbeda, apabila Anda memiliki kreativitas yang tinggi maka usaha yang Anda jalankan akan mengambil hati masyarakat. Sementara inovatif adalah suatu terobosan baru serta seorang wirausaha harus mempunyai terobosan-terobosan baru serta meninggalkan cara-cara lama dalam sebuah pekerjaan.
4. Mempunyai Komitmen Tinggi
Dalam berwirausaha diawali dengan berkomitmen terhadap diri sendiri dengan memegang teguh prinsip Anda untuk memulai berwirausaha.
5. Mandiri dan Realistis
Sikap mandiri dan realistis ini wajib dimiliki oleh setiap wirausahawan supaya bisa menjalani setiap usahanya dengan baik dan bertahan hingga jangka panjang. Putuskan sesuatu terhadap diri sendiri dan hindari menggantungkan keputusan kepada orang lain.


Manfaat Kewirausahaan

1. Optimalkan Diri Sendiri
Dalam menjalankan kegiatan kewirausahaan maka Anda harus memiliki mental yang kuat sehingga dapat memacu potensi dalam diri Anda. Begitu pula dengan merencanakan keuntungan bagi usaha yang sedang dijalani, teruslah berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.
2. Optimis Untuk Bisa Membangun Usaha Sendiri
Saat berwirausaha pasti kita akan menghadapi berbagai macam tantangan, termasuk dalam kemampuan menjalankan bisnis kedepannya agar usaha dapat berkepanjangan. Dengan berwirausaha Jadi kita akan belajar mengaplikasikan kepemimpinan kita dalam memanajemen perusahaan.
3. Mencapai Keuntungan Dari Hasil Kerja Keras
Dengan menjadi seorang wirausahawan maka otomatis pemimpinnya adalah diri Anda sendiri, sehingga keuntungan maksimal dari hasil kerja keras tersebut dapat menjadi motivasi untuk diri sendiri agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih lagi.
4. Menambah Lapangan Kerja Bagi Orang Lain
Menambah lapangan kerja tersebut menjadi fungsi utama dalam setiap dunia usaha. Dimana saat kita mendirikan sebuah usaha maka otomatis kita akan membutuhkan orang yang akan membantu pekerjaan kita. Untuk itu, secara tidak langsung kita juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain yang membutuhkan pekerjaan.


Ciri-Ciri Orang yang Punya Jiwa Kewirausahaan

Seseorang yang memulai menjalankan bisnis tentu harus memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi. Tanpa memiliki jiwa kewirausahaan maka bisa jadi bisnis yang sedang dirintis dapat berhenti di jalan karena ketidakmampuan dalam mengatasi kepercayaan diri untuk menjalankan bisnis.
Bagaimana seorang wirusahawan bisa dikatakan memiliki jiwa kewirausahaan? Berikut ini beberapa ciri-ciri orang yang punya jiwa kewirausahaan adalah sebagai berikut:
1. Mempunyai Keberanian Yang Tinggi
Wirausahawan yang sukses adalah orang yang memiliki keberanian dalam berkreasi dan kreatif. Karena kedua hal tersebut untuk menuju kesuksesan bisnis Anda. Orang yang memiliki keberanian untuk memulai berwirausaha dan tidak akan takut dengan resiko kegagalan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Namun, tetap Anda harus mempertimbangkan berbagai perencanaan yang memumpunin. Jiwa kewirausahaan tercipta karena timbulnya kepercayaan diri untuk mewujudkan mimpi dan keinginan untuk mengubah nasib menjadi lebih besar.
2. Mempunyai Semangat Tinggi dan Kemauan Keras
Tidak hanya daya kreativitas saja, seorang wirausahawan yang ingin membangun bisnis harus memiliki semangat yang tinggi dan kemauan keras untuk memajukan bisnisnya. Dengan kemauan yang keras membuat tekad seseorang kuat untuk mewujudkan apa yang diinginkannya.
3. Mempunyai Daya Analisis yang Baik
Seorang wirausaha harus memiliki daya analisis terhadap apa dikerjakannya, Contohnya wirausahawan yang mampu menganalisis untuk rugi, persaingan, nilai jual barangnya, dan kemampuan melihat pasar, selain itu wirausahawan juga akan lebih baik jika mengetahui Break Event Point. Hal ini penting dimiliki dalam diri seorang wirausahawan yang sedang menggeluti bisnis, karena betujuan untuk jangka panjang perusahaan dan untuk menghindari kerugian.
4. Berjiwa Pemimpin dan Tidak Berperilaku Konsumtif
Pebisnis harus memiliki jiwa kepemimpinan, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk karyawannya. Dalam artian disini mereka yang mampu memimpin atau mengendalikan dirinya sendiri dan anggotanya dalam pengambilan keputusan. Serta seorang wirausahawan juga mampu mengelola dananya dengan baik dan tidak boros dalam menggunakan dana operasional usaha.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar