EKSTRAKURIKULER FUTSAL

 




Olahraga futsal dan sepak bola merupakan olahraga yang memiliki kemiripan dalam bermain.  Di mana dalam permainannya menendang bola dan memasukkan bola ke gawang yang dijaga oleh penjaga gawang. Namun, sebenarnya dua permainan ini memiliki perbedaannya. Apa perbedaan futsal dan sepak bola? 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), futsal tergolong dalam jenis permainan sepak bola yang dilakukan di sebuah ruangan besar dengan ukuran lapangan serta gawang yang lebih kecil dibanding lapangan sepak bola. Sedangkan pengertian sepak bola adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu yang berlawan dan masing-masing regu memiliki 11 anggota, permainannya berlangsung selama 2 x 45 menit, pemenang pertandingan ditentukan dari selisih gol antar dua regu. Perbedaan dasar antara permainan futsal dan sepak bola adalah jenis tempatnya. 

Permainan sepak bola dimainkan di lapangan luas dan berumput, sedangkan futsal dimainkan di lapangan dalam ruangan. Selain itu, sepak bola memiliki ukuran lapangan lebih besar dibanding futsal. Ukuran lapangan sepak bola menurut standar internasional adalah memiliki panjang 100 meter hingga 110 meter serta lebar 64 meter hingga 75 meter.  Sedangkan lapangan futsal memiliki panjang 38 meter hingga 42 meter serta lebar 18 meter hingga 25 meter.

Manfaat permainan futsal Permainan futsal memiliki beberapa manfaat. Permainan ini dapat menyehatkan tubuh serta meningkatkan kerja sama. Berikut empat manfaat dari permainan futsal : 
  1. Meningkatkan kemampuan untuk mengambil keputusan.
  2. Meningkatkan kekuatan tubuh, khususnya kaki.
  3. Meningkatkan kepercayaan diri ketika harus berhadapan dengan lawan.
  4. Meningkatkan kreativitas untuk menyusun strategi mempertahankan area sendiri dari serangan lawan.
YUK LIHAT KEGIATAN EKSKUL BOLA FUTSAL !







Tidak ada komentar:

Posting Komentar