Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, SMPIT - SMAIT Irfani Quranicpreneur Bilingual School

Literasi Ekonomi Syariah Priangan Timur


Literasi Ekonomi Syariah Priangan Timur

Penulis : Irfan Soleh


Acara Road to Festival Ekonomi Syariah (FeSyar) Regional Jawa Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Kpw Tasikmalaya mengusung tema memperkuat halal lifestyle untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Acara tersebut bertempat di salah satu mall teramai pengunjungnya di Tasikmalaya selama tiga hari dari tanggal satu hingga tiga september. Ada acara apa saja pada Road to Fesyar tahun ini? adakah kaitannya dengan peningkatan literasi ekonomi syariah di Priangan Timur?

Hari pertama dimulai dengan Talkshow Kemandirian Pesantren yang diisi oleh tiga narasumber mewakili akademisi, praktisi ekonomi pesantren yang menginspirasi dan dari bank syariah. Hari Kedua diisi dengan beauty demo make up, edukasi olah pangan alternatif terjangkau dan syariah juga talkshow dengan tema modest and sustainable fashion. Hari ketiga closing ceremony yang diisi dengan fashion design competition BEST (Bordir Ethnic Sustainable Tasikmalaya) lengkap dengan band musik papan atas. 

Rangkaian acara Road to Fesyar ini sangat keren karena menggabungkan dakwah ekonomi syariah dengan berbagai kegiatan yang bisa meningkatkan pelaku ekonomi baik pesantren maupun UMKM umum dibidang pangan, fashion, seni dan lainnya karena selama kegiatan ada bazar produk-produk pesantren dan pelaku UMKM. Beragam acara diatas ditambah pra acara diadakan lomba dakwah ekonomi syariah, lomba video kesenian tari daerah islami, dan lomba video konten ekonomi syariah

Saya menjadi salah satu juri yang menilai lomba dakwah ekonomi syariah dan konten ekonomi syariah. Banyak pesantren yang mengirimkan video dakwahnya dan tema yang diangkat dalam ceramahnya adalah tentang ekonomi syariah sehingga secara tidak langsung banyak pesantren dan para konten kreator yang belajar ekonomi syariah. Sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah Kabupaten Ciamis, saya sangat berterima kasih pada BI Kpw Tasikmalaya yang telah menyelenggarakan acara ini karena yakin acara ini bisa meningkatkan literasi ekonomi syariah di Priangan Timur. 

Tema yang diangkat dalam lomba dakwah ekonomi syariah bagus-bagus misalnya tema yang diangkat oleh 3 besar pemenangnya adalah Nilai-nilai prinsip ekonomi syariah sebagai solusi yang relevan dalam menghadapi masalah-masalah ekonomi, Menjadikan ekonomi syariah sebagai jalan hidup yang berkah, Zizwaf sebagai solusi pemberdayaan ekonomi ummat. Tidak hanya lomba ceramahnya, namun seluruh rangkaian acara Road to Fesyar ini berhasil menurut penilaian saya bagus luar biasa karena menyuguhkan dakwah Ekonomi Syariah kekinian yang bisa menjangkau semua kalangan. Semoga ekonomi syariah di priangan timur semakin terlihat implementasinya dan terasa keberkahannya, Amin...


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 2 September 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar