Progres Mind Mapping dan Kitab Kuning Metode Irfani Tahun 2023

 


Progres Mind Mapping dan Kitab Kuning Metode Irfani Tahun 2023


Irfan Soleh


Metode Qiroati, Metode Amtsilati dan Kitab Kuning Metode Irfani adalah Kurikulum inti yang dikaji Para santri di Pondok Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis. Kitab kuning metode irfani pada awalnya fokus pada tiga fan ilmu sebagaimana yang dianjurkan Syeikh Zainuddin Bin Ali Al Malibari dalam kitab Hidayatul Adzkiya ila thoriq al Atqia yaitu pelajarilah ilmu yang dapat membenarkan ketaatan (fiqih), dan akidah (tauhid), serta ilmu yang dapat membersihkan hati (tasawuf). Kemudian saat ini pada momen Milad Raudhatul Irfan yang ke 6 kita mulai merambah pada fan ilmu yang lain. Seperti apa progres pembuatan Mind Mapping dan Kitab Kuning Metode Irfani di tahun 2023? Kenapa Pesantren Raudhatul Irfan terus mengembangkan metode tersebut?


Pembuatan Mind Mapping dan Kitab Kuning terjemah bahasa inggris metode irfani tidak hanya berhenti pada tataran ide dan gagasan, namun kami terus secara bertahap mewujudkannya. Tahun lalu kita sudah menterjemahkan Safinah Metode Irfani, Riyadhul Badi'ah Metode Irfani, Tijan Darori Metode Irfani, Tafsir Jalalain Juz 2 dan Tahun 2023 di momen Milad Pesantren Raudhatul Irfan yang ke 6 kita akan me-lounching 2 buku yaitu Catatan ekonomi dan pendidikan pengasuh pesantren Raudhatul Irfan dan Shorof Kaelani Metode Irfani. mind mapping kitab kuning nya baru sampai pada tahap manuskrip yaitu Mind Mapping Safinah Inggris, Mind Mapping Matan Taqrib, dan Mind Mapping Alfiah Ibnu Malik. 


Prof. Dr. Muhammad Syafi'i Antonio dalam bukunya yang berjudul Super Leader Super Manager pada pembahasan Muhammad SAW sebagai pemimpin pendidikan Holistik menjelaskan bahwa salah satu Metode dan teknik pengajaran Rasulullah SAW adalah dengan menggunakan semacam gambar atau grafik atau mungkin skema. beliau mengutip hadits dari Shahih bukhori no 6414 dan Riwayat Tirmidzi ni 2456 yaitu Abdullah bin mas'ud r.a. berkata, " Rasululloh SAW pernah membuat garis dengan tangannya". Kemudian beliau berkata, " ini adalah jalan Allah SWT yang lurus." beliau kemudian membuat garis disebelah kanan dan kiri garis tersebut, lalu berkata, "jalan ini jalan setan dan setan selalu menyeru untuk mengikuti jalannya."


Menariknya Prof Syafi'i Antonio membuat semacam ilustrasi grafik yang digambarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan ternyata penjelasan yang diperkuat dengan gambar, grafik, skema atau saya mengistilahkannya dengan mind mapping itu akan membuat penyampaian materi yang dibahas semakin jelas, visualisasi akan membantu penyampaian ilmu pengetahuan secara lebih tepat, lebih masuk dan menghunjam ke hati para peserta didik. Kemudian menurut penuturan Ayah mertua saya, KH Didin Najmuddin, Ua Ajengan Manonjaya, KH Khoer Affandi, sering menginstruksikan para santri nya untuk membuat skema dari materi kitab yang dibahas. Hal ini menguatkan bahwa metode Mind Mapping Kitab Kuning harus terus dilanjutkan agar para santri atau peserta didik bisa lebih mudah memahami materi pembahasan kitab atau materi lainnya.


Harapannya di Tahun 2023 ini, kita bisa kerja sama dengan Profesor dan akademisi di luar negeri sebagai Expert Review nya sehingga penerjemahan kitab kuning kedalam bahasa inggris yang kami lakukan diperkuat oleh revewer dari akademisi yang menguasai kitab atau bahasa arab secara mendalam juga menguasai bahasa inggris secara mendalam juga. Ide ini berawal dari seorang sahabat yang sedang melakukan kolaborasi penelitian di Amerika Serikat dan kebetulan beliau mengenal profesor asli timur tengah namun menjadi Profesor di Amerika. Besar harapan kerjasama luar negeri ini secepatnya terwujud karena saat ini santri juga merupakan global citizen, santri juga sebagai warga negara dunia yang harus berkiprah secara global, Semoga ide dan gagasan kami ini bermanfaat bagi ummat dan ada dalam Ridho Allah SWT, Amin...


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 15 Februari 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar