Model Bisnis Usaha Jamur Merang dan Pemberdayaan Masyarakat

"Model Bisnis Usaha Jamur Merang"

Penulis : Irfan Soleh

Model Bisinis Usaha Jamu Merang penulis jelaskan pada model Integrated Farming sebagai berikut :



Model bisnis yang dijalankan pada usaha jamur merang adalah model bisnis dari pertanian yang terintegrasi yang dirancang tagline farming for waste integrated solutions. Konsep pertanian terintegrasi ini dijalankan sebagai solusi dari masalah yang ada di lingkungan sekitar. Berawal dari masalah limbah buangan dari produksi tepung aren yang berlimpah, pemanfaatan limbah aren menjadi bahan utama untuk digunakan sebagai media jamur merang ternyata berhasil menjadi solusi. Jamur merang dengan kualitas yang baik jelas dapat bersaing di pasaran, dan jamur merang memiliki kualitas dan harga pasar yang lebih baik. 

Tidak hanya sampai disana, jamur merang tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama apalagi di suhu yang tidak sesuai dengan kadar kesedian jamur untuk bertahan. Maka sebuah pengembangan produk kalengan muncul sebagai bentuk pengembangan agar lebih dapat bertahan lama dan semakin banyak yang dapat menikmati jamur merang secara praktis dan cepat. Dengan olahan jamur merang kalengan yang diberi nama Jamur Merang Ciamis yang mana ini merupakan produk lanjutan dari jamur merang merupakan tindakan lanjutan dan pengembangan dari bisnis yang ada.

Berkaitan dengan waste integrated solutions dalam model bisnis usaha jamur merang ini benar-benar ingin melakukan zero waste dari setiap proses. Limbah media tanam jamur merang dimanfaatkan menjadi pupuk organik. Sisa media dari jamur merang ini pun diolah dengan sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan pupuk organik yang telah dibuktikan dapat memacu pertumbuhan beberapa jenis sayuran dan tanaman hias secara baik, mulai dari Pepaya California, Kapulaga, Cabai, tomat dan banyak sayuran lainnya. Sehingga harapannya dengan model Integrated Farming ; farming for waste integrated solutions pola yang dilakukan merupakan sebuah tindakan pertanian yang terintegrasi yang merupakan buah dari solusi terhadap masalah lingkungan yang dihadapi di dalam masyarakat dan umat.

Pemberdayaan Masyarakat

Unit usaha dan bisnis yang dijalankan oleh Pesantren Raudhatul Irfan Kabupaten Ciamis tidak hanya untuk kepentingan internal, melainkan ada tujuan dan kepentingan masyarakat dan umat di sekitarnya. Hal ini tergambar dari sekian banyak hadirnya solusi-solusi dari masalah yang terjadi di lapangan. Dengan adanya unit usaha yang besar, tidak hanya elemen pondok pesantren saja yang dapat memaksimalkan kinerja akan tetapi unit usaha pesantren yang semakin berkembang juga dapat menarik tenaga kerja. Secara otomatis masyarakat dan umat disekitar unit usaha Pesantren Raudhatul Irfan Kabupaten Ciamis dapat terberdayakan secara pekerjaan. Ketika unit usaha Pesantren Raudhatul Irfan Kabupaten Ciamis berkembang dan semakin optimal keuntungan yang dihasilkan, pondok pesantren dapat melakukan usaha optimal untuk melayani masyarakat dan umat melalui berbagai macam program sosial masayakat.

Dengan banyaknya unit usaha pesantren yang dijalankan, begitu juga banyak potensi dari program yang dapat diimplementasikan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyakakat. Hal ini merupakan salah satu fokus utama yaitu pelaksanaan dalam sektor sosial yang dilaksanakan Pesantren Raudhatul Irfan Kabupaten Ciamis. Tidak hanya lingkungan internal pesantren yang dapat merasakan impact dari berkembangnya unit usaha pesantren akan tetapi secara umum adalah masyarkat dan umat di sekitar. Berbagai macam program sosial dapat dilaksanakan apabila unit usaha dapat berjalan dan berlangsung secara baik dan maksimal. Bentuk pemberdayaan sosial ini seperti pemberian bantuan kepada masayarakat yang membutuhkan, penyaluran zakat, sodaqoh dan infaq serta waqaf. Bahkan tidak hanya itu, pesantren juga dapat menyediakan beasiswa bagi santri potensial yang memiliki keterbatasan secara finansial.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar