Melanjutkan Kolaborasi dari Kota Jakarta Menuju Kita Indonesia





"Melanjutkan Kolaborasi dari Kota Jakarta Menuju Kita Indonesia"

Penulis : Irfan Soleh

Pada tanggal 20 November 2022, Pa Anis Baswedan silaturahmi ke Kabupaten Ciamis. Dalam kunjungan tersebut harapan kami Pa Anis Baswedan mensosialisasikan pemikiran, gagasan, dan karya nyatanya untuk menjadikan Indonesia maju Negaranya dan bahagia warganya. Kami juga berharap Pa Anis Baswedan menyerap ide, gagasan dan aspirasi dari warga Kabupaten Ciamis khususnya dari kalangan Santri dan Pesantren. Tulisan sederhana ini semoga menjadi aspirasi sebagai bekal bagi Pa Anis Ketika nanti diberi mandat memimpin Indonesia.

Salah satu kaidah yang terkenal dikalangan pesantren adalah al-muhafadhotu 'ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah, yakni 'Memelihara yang lama yang baik dan mengambil yang baru yang lebih baik'. Dari kaidah ini, kami berharap Pa Anis melakukan hal yang sama yaitu Ketika nanti memimpin Negeri ini agar melanjutkan kebijakan-kebijakan pemimpin sebelumnya yang baik dan menerapkan kebijakan-kebijakan baru yang lebih baik.

Melihat rekam jejak Pa Anis dalam memimpin Jakarta, ada satu ide dan gagasan yang harus dilanjutkan yaitu konsep kolaborasi dalam membangun kota Jakarta, sehingga judul dari tulisan ini melanjutkan kolaborasi dari Kota Jakarta menuju kita Indonesia menjadi sangat relevan karena membangun Negeri ini tentu mememrlukan dukungan dari semua elemen dan dan wadah penggerak yang mengedepankan seluruh elemen sebagai aktor utama melalui semangat kolaborasi harus kembali dihadirkan dalam ruang lingkup yang lebih besar yaitu kita Indonesia.

Pa Anis tentu harus melakukan pemetaan ragam masalah yang dihadapi oleh Indonesia, kemudian mencari beragam literatur dan keilmuan serta menerapkan metodologi yang pas agar tercipta ragam solusi bagi permasalahan kita sebagai bangsa. Namun kami yakin dan percaya dengan semangat kolaboroasi semuanya bisa terpecahkan, apalagi kalua kita berkaca pada dasar negara kita Pancasila, mentalitas kita sebagai bangsa jangan lepas dari Ketuhanan, Kemanusiaan dan Persatuan, sehingga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bukan hanya cita-cita dan impian kosong semata.

Besar harapan kami, Pa Anis bisa betul-betul melaksanakan isi UUD 45 Pasa 33 ayat 3 yaitu ‘Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Kami yakin, Pa Anis bisa membuat wadah penggerak semangat kolaborasi antara seluruh elemen Bangsa karena wadah kolaborasi tersebut bisa menginisiasi dan memacu gagasan serta solusi Bersama untuk menyelesaikan kompleksitas permasalahan Indonesia. Terakhir, semoga Ketika Pa Anis diberi mandat, betul-betul bisa mewujudkan visi maju negaranya dan bahagia warganya. Do’a kami dari Alumni Al-Hasan dan Civitas Pesantren Raudhatul Irfan selalu menyertai Pa Anis Baswedan. Semoga, Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar