Pesantren dan Halal Value Chain


"Pesantren dan Halal Value Chain"

Penulis : Irfan Soleh

Siang tadi, Sabtu 5 Februari 2022, Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis Mengikuti kegiatan peluncuran Program Pengembangan Ekosistem Rantai Nilai Halal atau Halal Value Chain via zoom meeting. Kami mewakili pesantren yang mendapatkan infratani process food berupa mesin pengalengan Jamur Merang Ciamis. Kami akan terus berupaya menjadi pesantren yang terus mendakwahkan ekonomi Syariah dan memperkuat peran pesantren dalam pengembangan ekosistem rantai nilai halal. Ilmu apa saja yang kami dapatkan siang tadi?

Gubernur Bank Indonesia, Bapak Perry Warjiyo, mengatakan bahwa Pengembangan kemandirian ekonomi pesantren memiliki peran yang sangat penting untuk membangun basis ekonomi nasional yang kuat. Beliau juga memaparkan babwa Terdapat 3 prasyarat kemajuan bisnis ekonomi dan keuangan pesantren dengan pendekatan manajemen ekonomi dan bisnis modern. Pertama, keuletan dan daya tahan. Kedua, memperkuat jejaring/silaturahmi bisnis. Ketiga, memperkuat pengetahuan dan pemberdayaan ekonomi pesantren melalui Ekosistem Rantai Nilai Halal.

Keuletan dan daya tahan santri tentu tidak diragukan karena dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi ia terus berupaya menjadikan setiap detik waktunya menjadi wasilah ibadah meskipun diterpa beragam cobaan dan godaan. Keuletan dan daya tahan itu ternyata prasyarat menjadi entrepreneur yang sukses. Dalam hal jejaring, santri sudah tidak asing karena tahu betul bagaimana silaturahmi bisa menjadi wasilah diluaskan rezeki bahkan dengan akhlaq sebagai hasil pengamalan ilmunya bisa membuat santri mudah bergaul dan bersilaturahmi dengan berbagai kalangan. 

Hebitren (Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren) dan juga organisasi lainnya yang fokus sebagai wadah penguatan kemandirian pesantren bisa dijadikan tempat civitas pesantren untuk bersilaturahmi dan berjejaring. Pada kesempatan yang lain, Gubernur Bank Indonesia juga menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengembangkan halal value chain yaitu sertifikasi halal, pengembangan ekosistem pelaku usaha, pengembangan produk dan halal value chain harus end to end dari produksi hingga marketing. Kami, Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, akan terus berupaya menjadikan pesantren sebagai penggerak utama dalam ekosistem rantai nilai halal di Indonesia bahkan dunia, semoga...Amin...

Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 5 February 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar