Pandemi, Kurma dan Varissa


"Pandemi, Kurma dan Varissa"

Penulis : Irfan Soleh

Pandemi Covid 19 membawa dampak besar bagi pelaku usaha yang mendukung ibadah haji dan umroh. Salah satu harian online memberitakan bahwa Pembatalan haji tahun 2020 saja mengakibatkan potensi kerugian capai triliunan rupiah bahkan karena sudah lebih dari dua tahun pandemi belum juga berhenti apalagi kemunculan ragam varian baru covid 19 membuat tingkat ketidakpastian    kembali ke situasi normal masih tinggi membuat omset toko oleh-oleh haji dan umroh turun drastis bahkan tidak sedikit yang gulung tikar berubah menjadi toko kelontongan atau toko lainnya. Apa yang membuat Varissa Collections tetap bertahan? 

Salah satu jawabannya adalah penjualan Kurma. Kurma lah yang menjadi alasan kenapa Varissa tetap bertahan. Ketika pandemi melonjak banyak masyarakat yang mengkonsumsi kurma untuk memperkuat imunitas dan menjaga agar badan tetap sehat. Sehingga ada peralihan Customer yang tadinya oleh-oleh haji secara umum ke pengguna atau orang yang mengkonsumsi kurma harian. Halaman website Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara melansir 9 khasiat mengkonsumsi kurma setiap hari yaitu :

1) Mencukupi kebutuhan gizi dan kalori

2) Melancarkan Sistem Pencernaan

3) Mencegah Penyakit Kronis

4) Membantu Melancarkan Proses Persalinan Normal

5) Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

6) Jadi Menu Tambahan dalam Diet

7) Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

8) Melindungi Tubuh dari Peradangan

9) Meningkatkan Kesuburan

Allah SWT juga telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain. Allah menyebutnya di 20 tempat yang berbeda di dalam Al-Qur’an dengan memakai lafadz pohon kurma: an – Nakhl,an-Nakhiil atau an-Nakhlah diantara ayatnya sebagai berikut; Ar-Rahman: 11, Al-Qaf:10, Yaasiin: 67, Ar-Ra’du: 4, Maryam: 25-26, Maryam :23, Al-Baqarah: 266, Al-An’am: 99, Al-An’am: 141, An-Nahl: 11, An-Nahl: 67, Al-Isra’: 91, Al-Kahfi:32, At-Taha: 71,Al-Mu’minun: 19, Yaasiin: 34, Qamar: 20, Ar-Rahman: 68, Al-Haaqah: 7 dan ‘Abasa: 29.

Manfaat kurma juga disebutkan dalam beberapa hadits Nabi seperti dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir’. Kemudian dalam hadits lain disebutkan bahwa “Kurma ‘Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun,” HR. Ibnu Majah. 

Kurma juga mencegah pemiliknya dari kelaparan sebagaimana terekam dalam hadits berikut ini ; “Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membikin lapar penghuninya,” (HR. Muslim no. 2046). “Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, seperti rumah yang tidak ada makanan di dalamnya,” (HR. Ibnu Majah no. 3328). Manfaat secara medis untuk kesehatan ditambah beragam keutamaan baik dalam al-Qur'an maupun hadits membuat masyarakat banyak yang mengkonsumsi kurma agar bisa mendapatkan beragam khasiat diatas. Sehingga tidak heran selama pandemi, orang yang mengkonsumsi kurma meningkat dan itupun yang menjadi alasan kenapa Varissa tetap bertahan.

Varissa Collections, 18 Februari 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar