Irfani Teacher Capacity Building (ITCB)


Irfani Teacher Capacity Building (ITCB)

Penulis : Irfan Soleh

Malam ini saya masih menyiapkan materi yang akan saya sampaikan besok pada guru-guru baik guru Kepesantrenan maupun guru Smpit Irfani Qbs dan Smait Irfani Qbs. Materi yang akan saya sampaikan adalah terkait Multiple Intellegency Theory. Alasannya karena saya ingin menyampaikan ulang hasil dari perkuliahan perdana saya pada perkuliahan sekolahnya manusia yang dinamakan Guardian Angel angkatan 34. Awalnya forum guru-guru Irfani QBS saya namakan dengan Majlis Ta'lim Guru Irfani (MTGI) namun kemudian saya rubah menjadi Irfani Teacher Capacity Building (ITCB). Apa alasan perubahan nama tersebut? Tema-tema apa saja yang akan saya sampaikan pada ITCB?

Mari kita definisikan terlebih dahulu apa itu capacity building. capacity building  sebagai suatu proses yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang, suatu organisasi atau suatu sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang dicita-citakan, Brown (2001:25). Secara umum, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM. Pembangunan kapasitas (capacity building) SDM menjadi hal yang mutlak harus dilakukan agar sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan organisasi.

Tema-tema yang akan saya sampaikan pada ITCB adalah tema-tema yang saya sudah dan akan dapatkan pada perkuliahan Guardian Angel yaitu Multiple Intelligences Theory, Multiple Intelligences Research, Brain Based Learning, Apersepsi, RPP 1 Halaman, Digital Module, Higher Order Thinking Test, Rubrik Penilaian, Strategi Pembelajaran, Penilaian Otentik dan Portofolio, Penilaian Kinerja Guru, Desain Sekolahnya Manusia dan Desain Kurikulum, HRD In Academic, Learning Management System dan TQM in Academic, Sekolah Inklusi, dan Blended Learning. Materi-materi tersebut akan saya sampaikan setiap seminggu sekali kepada semua guru Civitas Irfani QBS.

Dengan mengikuti Guardian Angel dan dengan disampaikan ulang pada guru-guru IQBS lewat program ITCB ini harapannya adalah bisa mendapatkan berbagai sisi positif program Guardian Angel seperti diantaranya; 1) Potensi peningkatan mutu dan kualitas sekolah. 2)Potensi peningkatan kepercayaan konsumen/masyarakat terhadap sekolah. 3) Potensi peningkatan prestasi peserta didik. 4) Potensi peningkatan PPDB. 5) Potensi peningkatan kesejahteraan guru dan karyawan dan 6) Potensi membangun paradigma pendidikan yang maju. Intinya kami berupaya agar Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis tidak hanya fokus pada pembangunan fisik tetapi juga pembangunan kapasitas kemampuan guru-gurunya pun kami perhatikan.


Pesantren R.I. 14 Februari 2022 jam 00.22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar