Irfani Guardian Angel

" Irfani Guardian Angel "

Penulis : Irfan Soleh

Setelah membaca buku-buku karya Munif Chatib, saya memutuskan untuk mengikuti pelatihan Guardian Angel. Meskipun biaya nya cukup mahal bagi saya namun saya memaksakan untuk ikut karena ingin meningkatkan kualitas sekolah. Salah satu indikator sekolah yang berkualitas adalah ketika siswanya merasa para gurunya berhasil menjadi inspirasi dan selalu memotivasi untuk terus belajar dan berhasil. Pada sekolah yang berkualitas didalamnya tentu ada guru yang berkualitas dan guru yang berkualitas adalah guru yang terus berupaya meningkatkan kualitasnya dengan terus belajar. Apa saja kunci pokok seorang guru? Apa yang dimaksud divisi Guardian Angel? Apa saja tugas tim Guardian Angel?

Didalam buku Gurunya Manusia, Munif Chatib menyusun 3 kunci pokok menjadi seorang guru yaitu 1) kewajiban membuat perencanaan, guru harus mempunyai waktu untuk menyusun lesson plan atau membuat teaching aids yang berkaitan dengan persiapab mengajar. 2) kewajiban mengajar, guru mengajar siswa-siswanya baik di dalam maupun diluar kelas. 3) kewajiban melakukan evaluasi, guru harus melakukan evaluasi hasil belajar siswa, baik menilai soal-soal kognitif maupun hasil karya yang lain dan 4) guru berhak belajar, guru harus punya waktu untuk melaksanakan pelatihan dan pengembangan kompetensi nya. Terkait dengan poin nomer empat maka dibentuklah divisi Guardian Angel.

Divisi Guardian Angel, menurut Munif Chatib, adalah divisi khusus untuk pelatihan dan pengembangan guru di tiap sekolah. Divisi Guardian Angel (GA) akan menjadi jantung sekolah. Tim GA terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru beberapa guru inti bidang studi. Tugas utama divisi ini adalah 1) mendesain prioritas program pelatihan guru yang sangat dibutuhkan, 2) mengikuti pelatihan-pelatihan dan meneruskan pelatihan-pelatihan tersebut kepada guru-guru lainnya, 3) memberikan konsultasi lesson plan kepada para guru, 4) membuat dan menerbitkan rapor kualitas lesson plan sebagai standar ukur guru dalam hal kualitas proses belajar mengajar.

Ada 17 pertemuan dengan 17 tema yang berbeda pada pelatihan Guardian Angel. 17 tema tersebut akan saya sampaikan ulang pada guru-guru baik guru Smpit Irfani Qbs maupun Smait Irfani Qbs Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis. Sehingga para guru IQBS bisa mendapatkan hak nya untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensinya. Harapannya kualitas guru-guru akan meningkat dan dengan sendirinya kualitas sekolah pun akan meningkat. Guru-Guru bisa jadi Guardian Angel atau malaikat penyelamat bagi IQBS. Tentu yang paling penting adalah manfaat yang bisa dirasakan oleh peserta didik sehingga mereka pun bisa menjadi siswa siswi yang berkualitas yang bisa mendapatkan kebahagiaan tidak hanya didunia tetapi juga kelak di akherat, semoga...Amin...


Pesantren Raudhatul Irfan ; Quranicpreneur Boarding School, 11 Februari 2022

1 komentar:

  1. Mantaff, klw kualitas gurunya seperti ini insya Alloh akan menghasilkan alumni yang mampu membuat perubahan positif utk Kejayaan NKRI, barokalloh

    BalasHapus