Filosofi 'ngored' dan Entrepreneurship



Filosofi 'ngored' dan Entrepreneurship

Penulis : Irfan Soleh

Hari para santri Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis melakukan aktifitas mengored kolam ikan yang tertutupi rumput akibat tidak ada air saat kemarau panjang. Apa itu kored? Apa itu mengored? Nilai-nilai apa yang bisa kita ambil dari aktifitas Mengored? Apa hubungannya mengored dengan entrepreneurship? Yuk kita jawab dalam tulisan singkat ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ko·red /kor├ęd/ n adalah alat untuk membersihkan rumput, bentuknya seperti cangkul kecil: rumput atau tanaman pengganggu cukup dicabuti dengan tangan atau dengan --; Dan me·ngo·red v adalah menyiangi dengan menggunakan kored: ~ tanaman penggangu itu sampai habis.

Dalam aktifitas mengored hari ini, setidaknya kami bisa mendapatkan pelajaran tentang gotong royong, bekerja sama, saling membantu, saling tolong menolong dan yang paling penting adalah kami merasakan bahagia dan berbagi kebahagiaan.

Lantas apa hubungannya dengan entrepreneurship? Menurut Zimmerer dkk (2008), entrepreneurship adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.

Ciri seorang entrepreneur adalah creating value added, bisa menciptakan nilai tambah. Sayang kalau kolam ikan ini hanya dijadikan kolam rumput kami akan rawat menjadi kolam ikan yang menghasilkan setidaknya bisa untuk lauk pauk para santri. Para santri Quranicpreneur ini kami didik mandiri, mereka bersihkan kolamnya, dan nantinya mereka pun bersama2 harus merawat kolam tersebut dan hasilnya untuk bersama2 juga, konsep berjamaah belajar tentang arti kemandirian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar