ANGGOTA TUBUHKU

RESENSI BUKU ANGGOTA TUBUHKU
Karya : Irfa Nurul Aulia
(Siswi Kelas 9 SMPIT Irfani QBS)

Identitas Buku
Judul buku: anggota tubuhku
Pengarang: frida firdiani
Penerbit: ad print mirta pustaka
Tanggal terbit: april 2013
Isbn : 978-602-97687-7-0
Tebal halaman: 72 halaman
Lebar: 14,5 cm
Panjang: 20,9 cm
 
Sinopsis Buku
Anggota tubuh yang dimiliki manusia merupakan anugerah yang tak ternilai. Untuk itu,kita perlu mensyukurinya dengan terus menjaganya. Anggota tubuhku adalah buku untuk kalian yang ingin mengetahui lebih banyak tentang anggota tubuh dan bagaimana cara merawatnya dengan baik,agar tubuh kita selalu segar dan sehat. Selamat membaca!
 
Isi Resensi
        Tubuh manusia sungguhlah luar biasa. Jika ada salah satu anggota tubuh yang tidak sempurna,pasti kita akan mengalami gangguan dalan beraktifitas. Tubuh ini juga bisa bertambah dan berkembang,dan tentunya kita harus selalu menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik. Agar tubuh kita tetap terjaga keindahannya,kita harus merawat tubuh. Contohnya, minum air putih 8 hingga 2 gelas sehari,olahraga teratur,pola makan yang benar,berfikir positif,hidup sehat dan lain – lain.
     Kita mempunyai pelindung tubuh yaitu kulit. Kulit di tubuh kita terdiri atas dua lapisan yaitu epidermis dan dermis. Lalu, rambut. Bagian-bagian rambut yaitu folilel rambut,papilla akar rambut, dan lain-lain. Dan yang terakhir adalah kuku. Tubuh kita mempunyai penyagga ,yaitu; rangka,yang tersusun dari 206 tulang yang saling bersendi. Tulang rangka dikelompokkan menjadi 4 dan ada 2 tipe tulang. Ada 5 kelainan tulang &  4 penyakit tulang. Penggerak tubuh kita adalah sendin dan otot. Otot ada 3 jenis yaitu; otot rangka,polos & jantung. Sendi dibedakan menjadi 6 macam.
        Pengendali pikiran kita yaitu otak dan sistem saraf. Otak terdiri atas 3 bagian utama. Sel saraf / neuron ada 3 macam. Sel saraf reseptor yang terdapat di kulit ada 7 macam. Kita mempunyai 5 alat indera yaitu penglihatan(mata),pendengaran(telinga),penciuman(hidung),pengecap( lidah) dan peraba (kulit).

Kelebihan buku              
       Memudahkan kita memahami tentang apa saja anggota tubuh. Simple dan mudah dimengerti. Memberikan tips-tips cara merawat tubuh yang sederhana.

Kekurangan buku
           Gambar yang tertera agak sulit difahami dan terkadang ada penjelasan yang tidak terlalu jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar