Studi Pustaka Konsep Quranic Entrepreneurship #Part1

Studi Pustaka Konsep Quranic Entrepreneurship #Part1

Penulis : Irfan Soleh

Berawal dari mahasiswa yang datang ingin meneliti konsep Quranic Entrepreneurship untuk skripsinya, kami pun menjelaskan beberapa literature yang kami punya yang membahas konsep Quranic Entrepreneurship. Diantaranya adalah buku tafsir ekonomi kontemporer, ensiklopedia metodologi al Qur’an, dan beragam penelitian dari mulai skripsi yang membahas tafsir maudhu’i hingga jurnal-jurnal. Bagaimana literature tersebut membahas Quranic Entrepreneurship? Yuk kita bahas secara singkat dalam tulisan ini.

Buku tafsir ekonomi kontemporer karya Abdul Wahid Faizin dan Nashr Akbar memuat subjudul entrepreneurship dan strategi bisnis dalam islam. Ayat yang dibahas adalah QS Quraisy ayat 1-4. Pada pendahuluan buku tersebut dibahas mengenai definisi entrepreneurship dan ciri seorang entrepreneur, kemudian dijelaskan overview suratnya hingga dibahas tafsir ekonomi tiap ayatnya. Kemudian hikmah yang terkandung dari lafadz-lafadznya dibuat tabel ringkasannya.

Ensiklopedia metodologi Al Qur’an jilid 6 karya Dr Muhammad Sayyid Yusuf, Dr Ahmad Durroh dan Dr Ibrahim membahas tentang ekonomi dan index. Didalamnya dibahas diantaranya mengenai optimalisasi sumberdaya, komitmen ekonomi dalam islam, akhlak dan ekonomi, reformasi ekonomi, indra penciuman, kondisi ekonomi masyarakat muslim, dan sistem pembangunan ekonomi islam. Ayat-ayat Qur’an yang berhubungan dengan tema di atas bisa dijadikan rujukan bagi pelaku ekonomi dan entrepreneur qurani.

Mahasiswa STAIN Kudus, Muhammad Zulfar Rohman, membuat Skripsi yang berjudul Quranic Entrepreneurship (Kajian Maudhu’i atas ayat-ayat Kewirausahaan dalam al Qur’an). Didalamnya dibahas mengenai unsur utama entrepreneurship beserta dalil Qur’annya yaitu 1) penerapan kreatifitas dan inovasi ; QS Yusuf ayat 47-49, 2) Memanfaatkan peluang; QS al-Mulk ayat 15, 3) membuat perubahan; QS Ar Ro’du ayat 11 dan QS al-Anfal ayat 53, 4) Memberikan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain; QS Ad Dzariat ayat 55-56. Kemudian membahas karakteristik entrepreneur dalam al-Qur’an diantaranya 1) produktif ; QS al Maidah ayat 48, 2) Aktif; QS al-Insiroh ayat 7, 3) Inovasi; QS Saba ayat 11, 4) integritas; QS Shaf ayat 2-3, 5) Tawakal; QS At Thalaq ayat 3.

Hanna salsabila dkk menulis jurnal yang berjudul entrepreneurship perspektif tafsir al Misbah. Ayat-ayat yang berhubungan dengan entrepreneuyrship diantaranya adalah Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk bekerja keras; Q.S. At-Taubah [9]: 105, berinovasi; Q.S. Ar-Ra’d [13]: 11, untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di bumi; Q.S. Al-Mulk [67]: 15, untuk bertebaran di muka bumi mencari karunia Allah; QS. Al Jumu’ah [62]: 10, untuk berniaga sesuai dengan syariat; QS. Al Baqarah [2]: 198, untuk memanfaatkan karunia  yang diperoleh di jalan Allah SWT; QS. Al Qasas [28]: 77. Allah SWT melarang umat-Nya mengambil harta orang lain secara batil, sebagaimana di dalam QS. An Nisaa’ [4]: 29. Masih ada beberapa jurnal lagi yang akan kami bahas pada tulisan-tulisan selanjutnya, insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar