Irfani Scout Camp ; Sarana menggali dan mengembangkan kecerdasan.

IRFANI SCOUT CAMP ;

SARANA MENGGALI DAN MENGEMBANGKAN KECERDASAN.

Penulis : Irfan Soleh

Zaman dulu anak cerdas selalu diidentikan dengan pandai berhitung, pandai bicara, mudah memahami pengetahuan atau bahkan diukur hanya sebatas banyak atau tidaknya hafalan, zaman sekarang kecerdasan itu sudah berkembang, kecerdasan itu tidak tunggal, kecerdasan itu beragam. Smpit Irfani Qbs dan Smait Irfani Qbs punya program Irfani Scout Camp (ISC). Program ISC kami jadikan sarana menggali dan mengembangkan kecerdasan para siswa, mau tau bagaimana caranya? Yuk ikuti tulisan ini sampai selesai.

Pertama kita definisikan dahulu apa itu kecerdasan baru kemudian kita jelaskan bagaimana meningkatkan kecerdasan siswa melalui program ISC ini. Menurut Munif Chatib didalam buku Semua Anak Bintang mendefinisikan kemampuan seseorang yang disebut kecerdasan adalah yang mampu membawa manfaat atau benefit positif bagi dirinya dan orang lain. Kemudian maksud istilah mengembangkan kecerdasan adalah menemukan dan mempertahankan dalam waktu yang cukup lama sampai masuk dalam kondisi terbaik peserta didik.

Ada dua cara mengembangkan kecerdasan peserta didik yaitu 1) discovering ability yaitu proses menemukan kemampuan seseorang dengan terus memberikan apresiasi terhadap kelebihan-kelebihan yang ditunjukan setiap saat dan 2) proses the right man on the right place yaitu menempatkan profesi anak kita sesuai dengan kemampuannya. Kecerdasan itu bersumber dari kebiasaan (habit) yaitu prilaku yang cenderung di ulang-ulang dan ada 2 batasan yang berkaitan dengan kecerdasan ini yaitu kreatifitas dan problem solving.

Banyak hal positif yang kita dapatkan dari acara pramuka salah satunya adalah menggali kreatifitas dan inovasi lewat penampilan seni budaya. Kami jadi mengetahui siswa kami ternyata ada yang jago pencak silat, pantomim, pidato, murotal dan grup shalawat dengan suara yang merdu, jaipongan hingga goyang tiktokan. Mereka sebenarnya sedang melakukan proses discovering ability dan kewajiban kami sebagai pendidik adalah menemukan dan mengembangkan ability yang tersimpan pada setiap peserta didik.

Acara Irfani Scout Camp yang disatukan dengan perayaan HUT RI ke 76 menghadirkan beragam permainan seperti Engklek, balap karung, batu loncatan, gobak sorong, bakiak, mencari nafkah, mendorong ban, dan tebak lagu. Permainan-permainan diatas mewakili beragam kecerdasan dari mulai kecerdasan linguistik, matematis logis, spasial-visual, kinestetis, musik, interpersonal, intrapersonal dan naturalistis. Permainan khas Indonesia yang mewakili ragam kecerdasan yang ditemukan oleh Dr Howard Gardner. Intinya Irfani Scout Camp edisi 16-17 Agustus 2021 ini dikhususkan untuk menggali dan mengembangkan kecerdasan peserta didik karena semua anak adalah bintang, semua anak adalah cerdas.


Lapangan AKS Gunung Wangi 17 Agustus 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar