Seni Budaya, Karya dan Bahagia

Seni Budaya, Karya dan Bahagia

Penulis : Irfan Soleh

Seni Budaya merupakan Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Smpit Irfani Qbs & Smait Irfani Qbs. Sudah ada beberapa guru yang mengajar seni budaya di IQBS dan alhamdulillah karya-karya nya menggambarkan kolaborasi kreatifitas Guru dan Siswa bisa betul-betul terasa. Awalnya kami menjadikan mata pelajaran seni budaya hanya sebagai fungsi hiburan atau refresh buat para siswa yang notabene banyak pelajaran kepesantrenan yang tidak lepas dari beragam hafalan. Namun ternyata namun ternyata ada beragam fungsi seni dan konsep pendidikan seni. Mau tau apa saja? 

Pada tulisan ini Kita akan bahas ragam fungsi dan konsep pendidikan seni, namun sebelumnya kita akan memaparkan terlebih dahulu karya-karya dari guru seni budaya di SMPIT dan SMAIT IQBS. Ada 4 guru seni budaya di IQBS yaitu Pak Aan, Pak Suyud, Mr Heri dan sekarang diampu oleh Bu Dhia. Pak Aan telah menciptakan karya berupa batik khas IRFANI dan sampai saat ini batik hasil kolaborasi dengan siswa SMPIT IQBS angkatan pertama kami jadikan batik resmi IQBS. Kemudian Pak Suyud dengan kepiawaiannya dalam dunia musik berhasil menciptakan mars SMPIT, mars SMAIT dan mars Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, Mr Heri melatih organ dan membentuk Ekskul Seni Anak Irfani (SAIR), Irfani Talkshow, Malam Kreasi Seni Santri dan banyak karya nyata lahir dibawah bimbingan Mr Heri.

Ternyata fungsi seni budaya tidak hanya untuk rekreasi atau hiburan semata namun ada 9 fungsi yaitu 1) fungsi religi/keagamaan 2) fungsi komunikasi 3) fungsi rekreasi atau hiburan 4) fungsi artistik 5) fungsi eksistensi 6) fungsi edukasi 7) fungsi industri 8) fungsi Guna 9) fungsi terapi atau kesehatan. Konsep pendidikan seni pun beragam namun kami menekankan nya pada 2 hal ini yaitu konsep seni sebagai hiburan yang menyenangkan dan konsep seni untuk pertumbuhan mental dan kreatifitas. Sehingga Bu Dhia, guru seni budaya yang ketiga mengusulkan kami membeli alat angklung agar fungsi hiburan bagi siswa bisa mereka rasakan, kami sudah punya organ, gitar, dan 2 set peralatan hadroh ditambah satu set angklung mudah-mudahan bisa menjembatani kebahagiaan peserta didik.

Menurut Plato Art should be the basis of education, seni mesti menjadi basis pendidikan karena konsep pendidikan seni bisa diarahkan pada pembentukan sikap sehingga terjadi keseimbangan akal fikiran dan kepekaan emosi. Seni bisa dijadikan materi, alat atau media yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Di IQBS, mata pelajaran seni harus menjadi wasilah kebahagiaan peserta didik dengan menekankan pada fungsi hiburan yang menyenangkan dan karena anak usia pendidikan dasar dan menengah kadar kreatifitasnya tinggi sehingga seni budaya juga harus bisa meningkatkan kreatifitas dan inovasi baik guru maupun siswanya, semoga...Amin...

SMPIT-SMAIT IQBS, 20 Agustus 2021

1 komentar: