Guru Psikologi ; Layanan bimbingan dan konseling siswa irfani


GURU PSIKOLOGI ; LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SISWA IRFANI

Penulis : Irfan Soleh

Sekolah harus memberikan layanan bimbingan dan konseling siswa dalam bidang pribadi, sosial, akademik, pendidikan lanjut, dan karir untuk mendukung pencapaian dan pengembangan prestasi sebagaimana yang tertera pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) tahun 2020 nomor 34. Apa definisi layanan BK? Apa yang dimaksud dengan bimbingan pribadi, sosial, akademik dan lanjutan? Bagaimana cara kami memberikan layanan tersebut pada siswa siswi Smpit Irfani Qbs & Smait Irfani Qbs ?

Kita bahas dulu ragam definisi nya ya berdasarkan IASP tahun 2020. Layanan bimbingan dan konseling adalah program layanan pengembangan diri siswa baik secara individu maupun kelompok untuk memahami potensi diri, sosial dan karier siswa menuju dewasa dan keberhasilan belajar di sekolah. Bimbingan pribadi adalah bantuan yang diberikan kepada individu untuk memecahkan masalah yang sangat kompleks dan bersifat rahasia/pribadi seperti masalah keluarga, persahabatan, cita-cita dan sebagainya.

Bimbingan sosial adalah bimbingan yang diberikan oleh seorang ahli kepada individu atau kelompok dalam membantu menghadapi dan memecahkan masalah pribadi-sosial, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan. Bimbingan akademik adalah layanan bimbingan yang diberikan kepada siswa untuk membentuk kebiasaan belajar yang baik, mengembangkan rasa ingin tahu dan menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan prestasi belajar. Kemudian bimbingan pendidikan lanjut dan karier adalah suatu usaha yang dilakukan untuk membantu individu (peserta didik) dalam mengembangkan potensi dirinya dalam melanjutkan pendidikan dan mempersiapkan suatu pekerjaan.

Untuk memenuhi beragam bimbingan dan layanan yang dibutuhkan siswa, kami merekrut guru BK dan psikologi yang kompeten dibidangnya karena kami ingin menjadi sekolah yang masuk kategori level 4 dimana capai kinerja nya adalah sekolah memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam bidang pribadi, sosial, akademik, pendidikan lanjut dan atau karier untuk mendukung pencapaian dan pengembangan prestasi secara berkelanjutan dengan dukungan SDM yang berkualitas, semoga SDM kami bisa sesuai dengan harapan tersebut, Amin...


SMPIT & SMAIT IQBS, 23 Agustus 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar