Music Could Stimulates Intelligence

 Music Could Stimulates Intelligence

Penulis : Dhiya Silmi Amirah Soraya

Dalam sebuah perbincangan literasi pada tanggal 28 Agustus 2021 tentang delapan kecerdasan yang di kemukakan oleh Gardner, dalam buku "Andaikan  Buku itu Sepotong Pizza" salah satunya adalah Cerdas Musik (Music Smart). Beliau mengemukakan bahwa cerdas musik adalah kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal dengan cara mepresepsi (misalnya, sebagai penikmat musik), membedakan (misalnya, sebagai kritikus musik), menggubah (misalnya, sebagai komposer), dan  mengekspresikan (misalnya, sebagai penyanyi).

Pernyataan itu sesuai dengan 6 fungsi musik, diantaranya: 1) Sarana upacara, 2) Ekspresi, 3) Komunikasi, 4) Pertunjukan, 5) Hiburan, 6) Media pendidikan.

Keseharian kita tidak pernah lepas dari musik, karena musik itu mempunyai sifat menghibur menumbuhkan suasana kegembiraan dan menyenangkan. Dengan musik, kita bisa berekspresi dan berkomunikasi, sehingga hasilnya dapat menjadi sebuah pertunjukan dan dapat dijadikan sebuah media pendidikan.

Tanpa disadari, musik itu menimbulkan sebuah gelombang vibrasi sehingga menstimulasi gendang pendengaran. Musik memberi rangsangan pertumbuhan fungsi-fungsi pada otak (fungsi ingatan, belajar, bahasa, belajar, bicara, mendengar, analisis, intelek dan kesadaran) dan merangsang pertumbuhan gudang ingatan. (Satiadarma:18)

Sesuai dengan pernyataan tersebut, dengan menikmati musik, gudang ingatan anak semakin lama semakin berkembang. Sebagai contoh: Ada beberapa ibu di sebuah aplikasi video, selalu merangsang anaknya yang masih berumur 1tahun. Ketika sedang asik bermain dengan mainannya, ibu dari anak tersebut dengan sengaja menyalakan musik Cocomelon melalui handphone, anak tersebut langsung lari mendekati ibunya kemudian duduk dengan manis sambil menonton. Hal tersebut merangsang ingatan seorang anak karena sebelumnya pernah mendengar, dan menyukai musik yang ada di sebuah film kartun Cocomelon.

Tidak hanya itu, musik juga dapat membuat anak belajar fungsi analisis. Contohnya ada dalam lagu berikut:

Lihat kebunku penuh dengan bunga

Ada yang putih dan ada yang merah

Setiap hari ku siram semua

Mawar, Melati semuanya indah.

Syair dalam lagu tersebut menjelaskan bahwa ada sebuah tumbuhan bunga yaitu Mawar dan Melati. Mawar berwarna merah, dan melati berwarna putih. Anak juga di ajak untuk memahami bahwa tanaman jika di siram semua, akan tumbuh dengan indah. Artinya bahwa musik juga mengandung sebuah ajakan yang mendidik.

Maka dari itu, musik sangatlah penting dalam mengembangkan kecerdasan seseorang, dari mulai anak-anak sampai lansia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar