5 Kriteria Yang Harus Dimiliki Seorang Guru

5 KRITERIA YANG HARUS DIMILIKI SEORANG GURU

Penulis : Dhiya Silmi A

Sabtu, 14 Agustus 2021 adalah hari pertama dilaksanakannya bedah buku sekaligus syukuran saung literasi Irfani. Hari pertama ini, kita membedah buku Sekolahnya Manusia yang menyebutkan bahwa ada 6 tahap dalam strategi pembelajaran, diantaranya:

(1) Strategi Discovery Learning (DL)

(2) Strategi Inkuiri Learning (SL)

(3) Strategi Problem Based Learning (PBL)

(4) Strategi Project Based Learning (PBL)

(5) Strategi Saintifik Learning (SL)

(6) Strategi Multiples Intelegencies (MI)

Dari ke-6 strategi di atas yang lebih spesifiknya membahas sekolah berbasis Multiples Intelegencies (MI).

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Mr. He dalam bedah buku karangan Munif Chatib hari ini, bahwa terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang guru diantaranya:

(1) Bersedia belajar

(2) Selalu mempersiapkan diri sebelum pembelajaran dimulai

(3) Bersedia diobservasi

(4) Selalu tertantang untuk meningkatkan kreatifitaa

(5) Berprilaku baik

5 kriteria tersebut harus diaplikasikan dengan baik oleh para guru-guru SMP/SMA IQBS Ciamis, agar dapat mencetak anak-anak yang hebat dan berkualitas.

Berlatar belakang pendidikan saya yang merupakan seni murni, disini saya benar-benar belajar dari 0 tentang cara menyampaikan materi dengan baik dan beberapa hal yang harus diketahui dalam dunia pendidikan. 

Namun, dengan adanya kegiatan bedah buku ini, saya mengerti, mendapatkan banyak ilmu juga metode baru dalam menyampaikan materi agar dapat disampaikan dengan baik kepada anak didik. Terutama mendengar beberapa sharing session tentang cara mengajar bapak dan ibu yang pengalaman mengajarnya sudah bisa di bilang lumayan lama. Alhamdulillah, hal tersebut, menjadi gretakan semangat untuk diri saya agar dapat terus belajar, mengembangkan diri menjadi seorang pengajar atau guru yang profesional nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar