Be A Good Teacher, Be A Professional Teacher

Be A Good Teacher, Be A Professional Teacher

Penulis : Devi Agustiani, S.Pd. 

Guru merupakan model bagi siswa. Mulai dari penampilan hingga tingkah laku seorang guru yang akan selalu ditiru oleh siswanya. Oleh sebab itu, guru memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. seorang guru tidak hanya harus memiliki kemampuan akademik yang tinggi, namun juga harus professional terhadap profesinya. 

Dalam acara bedah buku yang berjudul “ Sekolahnya Manusia”  menyebutkan bahwa ada enam strategi dalam mengajar yaitu Discovery Learning, Inquiry, Problem Based Learning, Project Based Learning, Scientific Learning dan Multiple Intelegencies. Strategi tersebut dapat digunakan oleh guru supaya berjalan nya proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Namu tentunya seorang guru harus menentukan strategi apa yang dapat dimplementasikan sesuai dengan karakter siswa. 

Menurut buku “Sekolahya Manusia”, dalam menjalankan strategi pembelajaran yang baik adalah kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh siswa, seperti siswa mengerkan latihan dan atau lebih ke prakteknya. Hal tersebut sangat membantu siswa untuk lebih mengembangkan materi yang di pelajari. Selain itu, fasilitas yang mendukung juga merupkan hal yang tidak kalah pentingnya dalam proses pembelajaran. Melihat jaman yang sudah sangat canggih, memaksakan dunia pendidikan pun mengikuti dengan perkembangan jaman. 

Selain itu, seorang guru harus menajdi guru yang professional. Mengutip dari buku “Sekolahnya Manusia”, ada lima syarat supaya guru menjadi guru yang professional. Yang pertama yaitu bersedia untuk selalu belajar. Dengan seirinng jaman, ilmu pun setiap waktu berkembang. Oleh sebab itu, guru harus selalu update ilmu. Salah satu nya dengan mengikuti upgrading, workshop, seminar atau bedah buku. Yang ke dua yaitu melakukan rencana pembelajaran. Guru professional selalu membuat perencanaan secara sistematis yang bertujuan untuk keberhasilan proses pembelajaran. Tiga yaitu bersedia di observasi. Hal ini tentunya sangat membantu dalam peningkatan kualitas mengajar guru.  Selanjutnya yang ke empat, tertantang untuk selalu berkreasi dan berinovasi. Hal ini sangat menginspirasi siswa untuk kreatif dalam berkreasi. Yang ke lima yaitu guru harus memiliki karakter yang baik. 

Selain itu, guru profesional tentunya mampu menentukan skala prioritas dan time management. Untuk menjadi guru tentunya tidaklah mudah seperti kebanyakan orang katakana. Namun apabila hal tersebut dilakukan dengan hati yang ikhlas dan sabar maka akan terasa menyenangkan. So, be a good teacher comes to be a professional teacher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar