RAGAM CARA CEGAH CORONA


 "RAGAM CARA CEGAH CORONA"

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

Jadwal khutbah tadi siang di pondok pesantren Al-Hasan. Tema yang saya bawakan terkait cara mencegah corona selain menjaga protokol kesehatan yang sudah mulai biasa kita lakukan. Bagaimana caranya? Diantaranya adalah bertawasul dengan amal sholeh khususnya sedekah. Tak perlu diperdebatkan terkait tawasul yang pasti yang melaksanakannya punya dalil baik dari Qur'an maupun haditsnya.

Syekh Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki dalam kitab Mafâhim Yajib ‘an Tushahhah menjelaskan Al Wasilah dalam QS Al Maidah ayat 35 mencakup berbagai model wasilah termasuk amal sholeh didalamnya. Para ulama berpendapat bahwa dalil tawasul dalam hadits sohih bukhori terkait kisah 3 orang yang terjebak dalam gua karena terhalang oleh batu besar dan akhirnya bisa keluar dengan bertawasul melalui amal sholeh yang mereka lakukan.

Imam Thobroni meriwayatkan sebuah hadits yang artinya lindungilah harta kalian dengan zakat dan obatilah orang-orang sakit diantara kalian dengan sedekah. (حَصِّنُوْا أَمْوَالَكُمْ بِالزَّكَاةِ وَدَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ). Dari hadits ini kita jadi tahu bahwa sedekah bisa menjadi wasilah kesembuhan. Sedekah tentunya termasuk amal sholeh sehingga bisa kita tawasulkan agar kita terhindar dari berbagai penyakit termasuk corona salahsatunya.

Pandemi juga mengakibatkan masalah ekonomi dan menurut imam nawawi dalam kitab nihayatuzain menyatakan bahwa sedekah sangat dianjurkan terlebih lagi di musim paceklik dan masa sulit. Sehingga dengan bersedekah kita bisa tercegah dari wabah dan juga bisa membantu sesama yang terkena musibah. Jadi beragam cara bisa kita lakukan agar terhindar dari corona dari mulai menjaga protokol kesehatan sampai sedekah harus mulai kita biasakan, sehat lahir batin insya Allah, semoga... Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar