METODE IRFANI, INOVASI DAN NOVELTY


 " METODE IRFANI, INOVASI DAN NOVELTY "

Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

Metode Irfani adalah metode atau cara pengajaran yang dilakukan di lingkungan Irfani Quranicpreneur Bilingual School Pondok Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis. Metode ini lahir dari permasalahan yang kami hadapi ketika melakukan proses belajar mengajar para santri yang juga siswa baik di SMPIT maupun SMAIT IQBS. Definisi ini menjadi penting karena metode irfani yang kami maksud berbeda dengan pembahasan pembagian epistemologi islam yaitu bayani, burhani dan irfani.

Dr. H. A. Rusdiana, MM dalam bukunya yang berjudul konsep inovasi pendidikan mendefinisikan inovasi pendidikan sebagai suatu ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil penemuan baru atau baru ditemukan, yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Ringkasnya inovasi pendidikan adalah inovasi untuk memecahkan masalah dalam pendidikan.

Sekolah kami baik SMPIT maupun SMAIT Irfani QBS terintegrasi dengan pondok pesantren Raudhatul Irfan, sehingga metode pengajarannya tidak akan terlepas dari 3 metode pengajaran yang biasa dipakai dipesantren yaitu metode Bandungan, Sorogan dan Musyawarah. Masalah yang kami hadapi adalah waktu ngaji yang terbagi dengan waktu sekolah sehingga hanya metode bandungan yang berjalan sedangkan waktu untuk sorogan dan musyawarah menjadi berkurang bahkan hilang. Buku-buku metode irfani yang kami cetak seperti safinah metode irfani & irfani bilingual method (IBM) hadir untuk menjawab permasalahan tersebut.

Ada istilah nothing new under the sun, tidak ada sesuatu yang baru di bawah matahari, artinya yang kami lakukan dengan metode irfani bukan metode yang sama sekali baru, kami hanya melakukan sedikit pengembangan  dari sisi proses dan sintesis atau memadukan konsep dan faktor-faktor yang sudah ada menjadi formulasi metode pengajaran baru khususnya dilingkungan pesantren Raudhatul Irfan. Pengembangan dan sintesis merupakan 2 jenis inovasi dan mudah-mudahan termasuk novelty yang bisa membantu memecahkan masalah khususnya bagi santri 2 tax atau santri yang mesantren sambil sekolah, semoga...Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar