Portofolio Perkembangan Anak


" PORTOFOLIO PERKEMBANGAN ANAK "

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

Hari ini 17 Juni 2021 ananda Zidni Rasikh Irfani telah menyelesaikan pembelajaran holistik berbasis karakter. Dari sekian banyak rangkaian acara wisuda, ada satu yang menarik yaitu terkait portofolio laporan progres perkembangan peserta didik. Ada 7 aspek yang dilaporkan dalam portofolio tersebut yaitu aspek pengembangan nilai dan moral (karakter), kognitif, bahasa, fisik motorik, sosial emosional dan ditambah dengan daftar impian hidup.

Pada aspek pengembangan nilai agama dan moral dilengkapi dengan 9 pilar karakter yang menjadi ciri khas sekolah semai benih bangsa yaitu pilar kesatu ; Cinta Tuhan dan segenap makhluq ciptaan Nya, Pilar kedua ; kemandirian disiplin dan tanggung jawab, ketiga; kejujuran, amanah, dan berkata bijak, keempat; hormat, santun dan pendengar yang baik, kelima; dermawan, suka menolong dan kerjasama, keenam; percaya diri, kreatif dan pantang menyerah, ketujuh; kepemimpinan dan keadilan, kedelapan; baik dan rendah hati, kesembilan; toleransi, kedamaian, dan kesatuan. Ditambah dengan K4 ; Kebersihan, kerapihan, kesehatan, dan keamanan.

Semua aspek diatas dinarasikan dalam laporan perkembangan peserta didik. Contoh singkat narasinya sebagai berikut:  Alhamdulillah Zidni Rasikh Irfani mampu mengenal siapa yang menciptakan dirinya dan alam semesta dengan sangat baik. Pada aspek kognitif, zidni mengetahui cara menyelesaikan masalah sehari-hari, dilaporkan juga terkait kemampuan berfikir logis dan simbolik zidni. Yang menggembirakan pada aspek sosial emosional, Zidni sudah mampu beradaptasi dengan situasi baru sehingga kami semakin yakin untuk memasukan Zidni kepesantren meskipun baru mau masuk jenjang Sekolah Dasar.

Sekian banyak narasi yang ada pada laporan perkembangan peserta didik dan juga portofolio nya bisa menjadi data atau bahan bagi kita sebagai orang tua mengenal lebih detail putra putri kita. Semua aspek dinilai, dilaporkan perkembangannya tidak terkecuali dengan pengenalan aspek Tauhid, fiqih, akhlaq, hafalan Qur'an surat-surat pendek, hafalan hadits, do'a-do'a dan semuanya disampaikan dengan gaya penyampaian khas anak-anak. Alhamdulillah ananda Zidni Rasikh Irfani bisa berkembang sesuai harapan bahkan dalam beberapa aspek Zidni bisa berkembang dengan Sangat Baik, Semoga Zidni Rasikh Irfani bisa tumbuh menjadi Ulamaul Amilin, Imamul muttaqin, Muttaqin, Solihin, Taat pada Allah dan Rosululloh, Semoga...Amin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar