Evaluasi Perkembangan Santri

" Evaluasi Perkembangan Santri "

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

Menjadi pengasuh pesantren, guru, pendidik, atau pembimbing santri tidaklah mudah, butuh pengorbanan waktu, tenaga, fikiran bahkan perasaan. Amanah yang sangat besar ini harus dijalani sepenuh hati, melibatkan segenap kemampuan jiwa, raga, intelektual, fisikal, emosional dan bahkan spiritual sekaligus.

yang kita hadapi adalah santri dengan berbagai latar belakang, corak kepribadian, dan tingkat perkembangan yang beragam sehingga pengasuh santri harus memahami dan menguasai psikologi perkembangan santri agar kita memahami apa yang dibutuhkan, diminati dan yang hendak dicapai oleh santri dengan begitu kita bisa merancang dan melaksanakan program pembelajaran yang sesuai dengan taraf perkembangannya.

Dalam terminologi perkembangan terkandung didalamnya serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus menerus dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju  tahap kematangan, pemasakan dan belajar. Tugas berat pendidik itu harus terus mengawal dan membimbing perkembangan fisik, mental, jasmani dan rohani para santri. sebagai pendidik tugas kita adalah Memahami karakteristik santri, memprosesnya dengan beragam metode pembelajaran dan mengevaluasi hasilnya.

Berbagai wisuda program yang ada di Pesantren Raudhatul Irfan (wisuda Qiroati, Amtsilati, Bilingual, tahfidz, kitab kuning, Irfani Graduation Day) merupakan sarana evaluasi perkembangan santri terutama perkembangan kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Kami tidak hanya memperlihatkan nilai atau angka dalam raport tapi memperlihatkan hasil proses pembelajaran para santri kepada orang tua juga masyarakat. Semoga ilmu yang mereka pelajari yang disertai dengan keimanan bisa membuahkan amal juga kebahagiaan dunia akherat, amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar