BLOOM TAXONOMY DAN RISALAH NABI

" Bloom Taxonomy dan Risalah Nabi "

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

Struktur laporan pencapaian kompetensi peserta didik, berdasarkan ketentuan dari Dinas Pendidikan, terdiri dari 3 hal yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sikap terdiri dari nilai sikap spiritual dan sikap sosial sedangkan pengetahuan dan keterampilan diambil dari nilai beberapa mata pelajaran kelompok A dan kelompok B. Dari manakan asal usul pengkategorian ini? Bagaimana konsep al Qur'an nya? Apa yang kami lakukan dengan konsep-konsep tersebut? Untuk menemukan jawabannya yuk baca artikel sederhana ini sampai akhir.

Tiga model aspek diatas yaitu sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik) diambil dari konsep Taksonomi Bloom yang digunakan untuk mengklasifikasikan perkembangan pendidikan anak secara objektif. Ambjorn Naeve (2005) dan rekan-rekannya dalam tulisan yang berjudul a conceptual modeling approach to studying the learning process menggambarkan sebuah taxonomy of learning dari ketiga domain kognitif, afektif dan psikomotorik diatas (kita akan bahas dilain kesempatan insya Allah).

Di dalam al Qur'an, salah satunya pada QS Ali Imron ayat 164, terdapat 3 kurikulum ilahiah yang didalamnya terdapat tujuan Rosul diutus yaitu Tilawah, Tazkiah dan Ta'lim. Hal ini juga terdapat dalam QS Al Baqarah ayat 129 dan al jumu'ah ayat 2. Menariknya ada yang mengaitkan ta'lim dengan kognitif, tazkiah dengan afektif dan tilawah dengan psikomotorik. Meskipun kita tidak bisa melakukan simplifikasi karena setiap istilah punya basis filosofis dan bangunan makna yang tidak sederhana, irisan mungkin ada namun jangan terlalu cepat menyamakan istilah-istilah tersebut.

Akhirnya kami mengkombinasikan kedua konsep diatas pada laporan pencapaian peserta didik. Rapot di Smpit Irfani Qbs dan Smait Irfani Qbs mengacu pada taksonomi bloom dan rapot di Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis  mengacu pada konsep Tilawah, Ta'lim dan Tazkiah. Di dalam domain Tilawah dilaporkan progres Metode baca Qur'an (Metode Qiroati), Tahfidz dan Tafsir al-Qur'an. Pada domain Ta'lim dilaporkan progres Metode baca kitab (metode amtsilati) dan kitab-kitab kuning karya para ulama dari berbagai fan ilmu terutama Tauhid, Fiqih dan akhlaq tasawuf. Pada domain Tazkiah kami memakai metode (Thoriqoh) Qodiriah Naqsyabandiah dan pengamalan fan ilmu akhlaq tasawuf. Hal ini selaras dengan nilai IRFANI yang kedua yaitu Rosululloh as a role model.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar