ATTITUDE IS EVERYTHING

" Attitude is everything "

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

Target Penerimaan Santri baru Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis adalah 100 santri baru dan saat ini alhamdulillah sudah tercapai bahkan lebih dari target. Kebahagiaan harus dibarengi dengan upaya keras karena berhubungan dengan penyediaan fasilitasnya khususnya ruang kelas dan kobong. Setidaknya kami harus menyediakan 6 ruang kelas baru, 3 ruang untuk kegiatan belajar dan 3 ruang untuk kobong nya.

Progres pembangunan baru 3 kelas itupun belum pengecoran apalagi finishing sementara waktu santri masuk sebentar lagi kurang lebih 17 hari lagi. Bagaimana cara kami menyikapi hal ini? Tentu kami terus berikhtiar sekuat tenaga dengan cara menambah pekerja bangunan, menyiapkan dana untuk bahan bangunannya dan yang paling penting dari itu semua adalah kami masih optimis dan menyiapkan beragam alternatif dan kemungkinan.

Judul dalam tulisan ini, attitute is everything, adalah judul buku karya Jeff Keller yang membahas pentingnya sikap dan prilaku seseorang dalam meraih kesuksesan. Sikap kita merupakan filter mental yang kita gunakan untuk melihat sesuatu. Pilihannya adalah filter mental pesimis atau optimis. Ketika optimis yang kita pilih maka yang muncul adalah sikap positif dimana yang difikirkan bukan masalah tapi mencari berbagai peluang dan kemungkinan.

Optimisme harus ada dalam fikiran kita karena  fikiran akan menjadi ucapan, ucapan akan menjadi keyakinan, keyakinan akan menjadi tindakan dan tindakan akan menjadi hasil. Dalam hadits Qudsi dikatakan Aku (Allah) tergantung prasangka hambaku. Kami memilih berhusnudzon (berbaik sangka) pada Allah SWT, yakin pasti ada solusinya. Karena fikiran yang terjaga akan memberikan hasil yang luar bisa, semoga...Amin...

1 komentar: