Peran Strategis Pesantren dalam Penguatan Ekonomi Syariah


 Peran Strategis Pesantren dalam Penguatan Ekonomi Syariah

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.


        (Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Ciamis & Pengasuh Pesantren Roudhotul Irfan ; Quranicpreneur Boarding School )
        Berbicara tentang ekonomi syariah tentu tidak akan lepas dari pembicaraan mengenai sektor riil, sektor keuangan syariah dan sektor ziswaf. Sehingga untuk mengukur sejauh mana sebuah lembaga mengaplikasikan ekonomi syariah bisa kita lihat indikatornya dari perkembangan 3 sektor tersebut. Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis dengan ciri khas Quranic Entrepreneurship nya terus berupaya mendakwahkan dan mempraktekan 3 sektor ekonomi syariah diatas.
        Kami memulai nya dari sektor riil dengan mengembangkan beberapa unit usaha yaitu tepung aren, dari limbahnya kita jadikan media Jamur Merang Ciamis, setelah dari jamur muncul lah pupuk organik, kemudian pupuknya kita pakai untuk budidaya Pepaya California Ciamis (PeCCi) dan Klaster Tanaman Pisang Raudhatul Irfan (KTP-RI). Untuk memenuhi kebutuhan santri ada minimarket sry mart, Warung Koqu Ciamis , Laundry santri, kaos Qurani dan Varissa Collections.
        Sektor riil yang kami kembangkan dibantu oleh sektor keuangan syariah, untuk permodalan kami dibantu oleh bank syariah, dan saat ini kami sedang mengembangkan koperasi syariah diawali dengan SEP Corner kerjasama SEP dengan divisi keuangan inklusif Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNEKS). Pada tanggal 19 Januari 2021 kami dikunjungi satgas Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB) jawa barat membahas kerjasama Koperasi Aksi Karya Santri dengan LPDB syariah.
        Terkait dengan sektor ketiga yaitu sektor ZISWAF, tidak hanya dari unit usaha yang dikembangkan pesantren tetapi kami juga bekerja sama dengan berbagai pihak diantaranya dengan wali santri dan prudential syariah. Kami sedang mengembangkan wakaf polis asuransi dan wakaf dari keanggotaan koperasi Aksi Karya Santri. Dari sektor ketiga ini, kami bisa memberi subsidi biaya pendidikan bagi santri yang kurang mampu dan kami akan meluncurkan program Beasiswa Santri Wirausaha Nasional bekerja sama dengan berbagai pihak.
        Apa yang kami paparkan diatas hanya contoh kecil dari peran strategis pondok pesantren dalam penguatan ekonomi syariah. pesantren tidak hanya sebatas lembaga pendidikan dan lembaga dakwah namun juga lembaga pemberdayaan masyarakat. Kami meyakini Pesantren bisa menjadi lokomotif yang menggerakan gerbong ekonomi syariah dan menjadikan indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah Dunia. Semoga...Amin...

SMPIT-SMAIT IQBS 20 Januari 2021
_________
_________
_________
_________
_________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar