Design Thinking dan Problem Solving

Design Thinking dan Problem Solving

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.


        Sekolah wirausaha chapter satu kita sudah membahas mengenai kreatifitas dan inovasi sebagai karakter yang harus dimiliki oleh entrepreneur. Secara sederhana kreatifitas bisa kita maknai sebagai imajinasi atau gagasan atau ide baru sedangkan inovasi ialah implementasi nya atau tindakan penerapan ide-ide baru tersebut.
        Permasalahan selanjutnya adalah jangan sampai kreatifitas dan inovasi kita menjadi sia-sia karena tidak bisa menjawab permasalahan ummat. Karena ternyata kreatif dan inovatif saja tidak cukup menjawab tantangan perubahan apalagi ketika berupaya mencari solusi dari permasalahan yang efektif maka disinilah diperlukan design thinking agar dapat merangkai solusi yang efektif.
        Design Thinking adalah metode yang digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks dan mencari solusi yang paling efektif dan efisien. Dalam design thinking kita fokus mencari solusi dan building up ideas atau menggali dan membangun ide mencari opsi sebanyak-banyaknya untuk kemudian di tes diuji dan diperbaiki.
        Ada 5 tahapan dalam design thinking yaitu empathize, define, ideation, prototype dan test. Apa dan Bagaimana penjelasan ke 5 tahapan ini? Apakah dengan design thinking bisa membantu membuat solusi permasalahan masyarakat? Apakah dengan design thinking bisa membuat produk yang dibutuhkan pasar?
______
______
______
______
______

Tidak ada komentar:

Posting Komentar