Menyambut Ramadhan


Menyambut Ramadhan

Penulis : Irfan Soleh


"Ramadhan Tiba...Ramadhan Tiba..." lagu Opik sekarang kembali banyak terdengar di berbagai social media mengingatkan Ramadhan sebagai bulan mulia yang penuh keberkahan segera tiba. Agar kita betul-betul mendapatkan berbagai keutamaan Ramadhan tentu harus dipersiapkan dengan matang. rencana harus dibuat agar ada target yang ingin kita raih sehingga ramadhan tidak berlalu begitu saja. apa saja yang harus kita persiapkan menyambut bulan suci Ramadhan?

Pertama persiapkan fisik atau raga kita agar kuat berpuasa, qiyamullail, membaca al Qur'an dan ibadah lainnya misalnya dengan mulai rutin olah raga, membiasakan puasa senin kamis agar fisik kita tidak kaget dan terbiasa ketika harus berpuasa sebulan penuh di bulan ramadhan. Kedua, yang paling penting adalah mempersiapkan jiwa kita dengan bertaubat kepada Allah SWT memperbanyak membaca istigfar dan melaksanakan rukun Taubat .

Rukun Taubat yaitu menyesal karena melakukan kemaksiatan, berhenti dari melakukan kemaksiatan, berazam tidak akan melaksanakan kemaksiatan tersebut seterusnya kemudian jika ada kaitannya dengan hak adami maka harus meminta maaf. Setelah bertaubat kemudian persiapan ketiga adalah dengan menyusun rencana dan target selama bulan ramadhan misalnya target membaca qur'an akan berapa kali khatam sehingga per hari nya dihitung harus baca berapa halaman agar khatamnya sesuai dengan yang kita targetkan.

Kemudian persiapan yang keempat adalah persiapan ilmu tentang puasa. baca dan pelajari fiqih puasa agar mengetahui syarat wajib puasa, fardhu puasa dan perkara yang membatalkan puasa misalnya kita baca kitab safinah atau matan taqrib atau bertanya pada ustadz dan guru ngaji kita. mempelajari fiqih puasa merupakan bagian dari upaya menyiapkan ilmu agar amal kita sesuai dengan ilmu nya jangan sampai kita terjerumus pada hal-hal yang membatalkan puasa dan kita tidak mengetahui bahwa hal tersebut termasuk sesuatu yang membatalkan puasa kita.

Kesimpulannya yuk kita sambut Ramadhan dengan beragam persiapan dari mulai persiapan fisik dan jiwa kita kemudian buat target dan rencana amaliyah apa saja yang akan kita lakukan, persiapkan ilmunya dan terakhir lakukan evaluasi secara berkala agar Ramadhan kali ini betul-betul kita isi dengan beragam amal kebaikan jangan sampai kesempatan mendapatkan beragam keutamaan ramadhan hilang karena belum tentu kita bertemu dengan ramadhan berikutnya.


Pesantren Raudhatul Irfan, jum'at 8 Maret 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar