Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, SMPIT - SMAIT Irfani Quranicpreneur Bilingual School

IBP, IGT dan Internationalisasi Pesantren


IBP, IGT dan Internationalisasi Pesantren

Penulis : Irfan Soleh


Ide dan gagasan menerjemahkan kitab kuning kedalam bahasa inggris terus kami lakukan, saat ini kami sudah menerjemahkan kitab safinah, kitab riyadul badi'ah, kitab tijan darori, tafsir jalalain juz 1 sampai juz 3, shorfiyyah dan yang terakhir kitab taqrib. Kemudian mind mapping kitab kuning juga sudah dan terus kami susun diantaranya tasyjirul qorib fi tashili taqrib dan on progress syarah ibn aqil alfiyyah ibn malik. Para santri juga sekarang banyak yang menulis cerpen, artikel ilmiah dan novel. Penerjemahan kitab kuning kedalam bahasa Inggris ada kaitannya dengan impian kami menjadikan santri mengglobal dan internationalisasi pesantren. dari mana ide internationalisasi pesantren muncul? apa tahapan ikhtiar yang kami lakukan?

Ide internationalisasi pesantren muncul ketika penulis memandu acara majlis masyayikh di Miftahul Huda Manonjaya. Salah satu slide yang menjelaskan rencana induk majlis masyayikh menjelaskan bahwa target di tahun 2026 adalah ingin menjadikan pesantren sebagai bagian dari pendidikan dunia. didalamnya terdapat beberapa poin diantaranya adalah dialog international dan piloting pesantren dunia. Target di rencana induk tersebut tentu harus disambut baik oleh kalangan pesantren karena majlis masyayikh yang notabene menginginkan mutu pesantren semakin baik punya alasan kenapa pesantren harus mendunia, dampaknya harus terasa pada tataran global.

Ikhtiar yang kami lakukan di Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis adalah pertama kami terus berupaya menerjemahkan kitab kuning kedalam bahasa inggris yang kami namakan sebagai kitab kuning metode irfani kemudian secara bertahap kami buat standar dimana para santri tidak hanya dituntut baca kitab kosongan dan menerjemahkan dalam bahasa sunda dan indonesia namun juga para santri harus bisa menerjemahkan dan menjelaskan dalam bahasa inggris. infrastruktur kitab bilingual metode irfani tentu sangat membantu. seiring terjemahan kitab kuning bahasa inggris terus bertambah akhirnya kami buat penerbitan sendiri yang kami namakan Irfani Book Publisher (IBP), upaya-upaya diatas mengerucut pada ikhtiar internationalisasi pesantren.

Para santri yang telah mengenyam pendidikan enam tahun dan telah mempelajari kitab kuning bilingual metode irfani harapannya mereka bisa kuliah, menimba juga mengamalkan ilmu mereka ke berbagai negara. sehingga mereka bisa merasakan dakwah pada tataran global, ikut aktif terlibat memberikan solusi pada permasalahan dunia. Akhirnya kami membuat Irfani Global Travel (IGT), travel ini fokusnya pada islamic and edu travel, travel yang menjembatani para santri yang mau melanjutkan kuliah ke luar negeri. Para santri yang sudah di didik kitab kuning dan bahasa Inggris bisa mendakwahkan kitab karya para ulama tersebut ke berbagai negara. Impian santri mendunia atau santri mengglobal atau internationalisasi pesantren sekarang sudah berubah menjadi rencana dan ikhtiar aksi nyata, Semoga Allah SWT memberi kemudahan dan kelancaran, Amin...


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, Minggu 24 September 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar