Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, SMPIT - SMAIT Irfani Quranicpreneur Bilingual School

Te-We & Life Travel Writer



Te-We & Life Travel Writer

Penulis : Irfan Soleh


Silaturahmi Wilayah Forum Lingkar Pena (FLP) Jawa Barat yang ke 3 Periode 2021-2023 akan di gelar di Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis. Kami sebagai tuan rumah merasa bahagia karena akan kedatangan para penulis hebat yang tergabung di organisasi yang mempunyai visi memberikan pencerahan melalui literasi. Salah satu narasumber keren yang akan hadir adalah Gol A Gong selaku Duta Baca Indonesia. Salah satu buku beliau yang paling saya sukai adalah Te-We, Travel Writer; Being Traveler, Being Writer. Kenapa buku Te-We sangat istimewa? Bisakah kita membuat sebuah Catatan perjalanan?

Lima langkah menjadi Travel Writer menurut Gol A Gong yaitu baca literatur terlebih dahulu sebelum menentukan perjalanan wisata, bergabunglah dengan group backpacker, cek kesehatan sebelum melakukan perjalanan, tuliskan apa saja yang ditemukan dalam perjalanan saat itu juga kemudian posting cerita itu ke blog, website atau ke media lainnya. Poin-poin travel writing pernah saya praktekan ketika saya berangkat haji dan hasilnya saya bisa menulis delapan CPH (Catatan Perjalanan Haji). Setelah baca buku Te-We semakin seneng menuliskan catatan perjalanan, kemudian saya memodifikasinya menjadi Life Travel Writer

Hidup ini sejatinya adalah sebuah perjalanan sehingga saya membuat istilah Life Travel Writer, Penulis perjalanan kehidupan. Allah SWT menempatkan saya menjadi pengasuh Pesantren Raudhatul Irfan juga mendirikan SMPIT dan SMAIT Irfani Quranicpreneur Bilingual School, sehingga catatan perjalanan mendirikan pesantren dan sekolah lah yang saya tuliskan. Lahirnya buku Catatan Ekonomi dan Pendidikan Pengasuh Pesantren Raudhatul Irfan menjadi bukti dari ide dan gagasan Life Travel Writer. 

Catatan perjalanan kehidupan akan sangat panjang sehingga saya berencana setiap tahun akan menerbitkan setidaknya satu buku terkait dengan Catatan Perjalanan yang lahir dari keseharian mengelola sekolah dan pesantren Raudhatul Irfan. Sehingga ketika ada yang bertanya bagaimana cara mendirikan pesantren, cara mengelola ekonomi dan pendidikan pesantren, kami tinggal berikan buku catatan tersebut karena ia merangkum perjalanan yang sudah kami lakukan dan rencana yang akan terus kami kembangkan. 

Buku Travel Writer karya Gol A Gong lah yang menginspirasi saya menulis Life Travel Writer sehingga ketika rencana Silaturahmi Wilayah Forum Lingkar Pena Jawa Barat mau mendatangkan beliau ke Raudhatul Irfan, saya langsung teringat akan karya-karya nya yang sangat menginspirasi. Harapannya para santri dan juga peserta yang hadir pada acara bedah buku beliau yang terbaru dan acara ini terbuka untuk umum, betul-betul bisa menginspirasi dan membuahkan karya tulisan yang nantinya bisa dibaca mencerahkan dan menjadi wasilah dakwah bil kitabah yang sudah banyak di contohkan oleh para Ulama kita, semoga kita bisa mengamalkan dakwah bilkitabah, amin...


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 15 Agustus 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar