Ciamis dan Embarkasi Bekasi: Catatan Perjalanan Haji (CPH) Part 1


Ciamis dan Embarkasi Bekasi: Catatan Perjalanan Haji (CPH) Part 1

Penulis : Irfan Soleh


Malam ini 2 oktober 2011 tepat beberapa jam sebelum keberangkatan ke embarkasi haji, saya di uji oleh Allah, mendadak sakit panas tinggi, kepala sakitnya minta ampun, dengan memohon kepada Allah sebuah keajaiban supaya bisa ikut berangkat ke islamic centre pukul 2 malam nanti. Dokter pun dipanggil ke rumah dan menyarankan saya untuk diinfus supaya panasnya cepat reda, saya dilarang menemui tamu yang datang berkunjung dan harus total istirahat karna menurut dokter salah satu penyebabnya kurang istirahat dan telat makan. Malam itu rombongan guru saya dari cintapada datang berkunjung, ketika mereka mengetahui keadaan saya yang sedang sakit, mereka langsung melakukan do’a bersama.

Sebelum saya terlelap tidur ayah dan kiai saya membisikan bahwa yakinlah pada pertolongan Allah, kamu mau berangkat haji, mau melakukan kebaikan, niatkan ibadah lillahita’ala dan mintalah kesehatan agar bisa beribadah dengan baik dan membantu sesama disana. Alhamdulillah pukul 11 malam saya mulai diinfus, kira-kira pukul 2.30 pagi infus dibuka kemudian siap-siap berangkat ke islamic centre pukul 4, saya mungkin yang paling terlambat karna kalau menurut instruksi saya harus kumpul pukul satu.

Dengan badan yang masih lemes saya paksakan berangkat ke Islamic Centre (IC), sebelum kaki kanan saya mulai melangkah, saya melakukan shalat safar dan dibimbing membaca do’a terlebih dahulu. Sesampainya di IC kawan-kawan satu KBIH sangat bersyukur saya bisa bergabung dengan mereka meskipun masih terlihat pucat.

Pukul 5 pelepasan bupati, pukul 6 berangkat dari islamic centre ciamis ke embarkasi haji bekasi, istirahat pertama di al mahdiyyin kira2 setengah jam hanya numpang kencing tapi Alhamdulillah saya sempat nyabu (nyarapan bubur) dan minum obat, istirahat kedua di rumah makan padang sabar jaya daerah purwakarta, istirahat disini cukup lama dari pukul 10 sampe dhuhur. Cukup menarik melihat ragam aktifitas para calon haji ini, ada yang mengisi waktu luangnya dengan shalat dhuha, ada yang duduk santai sambil merokok, ada yang berdzikir, dan masih banyak lagi aktifitas lainnya.

Masih tanggal 2 oktober tepat pada pukul 1.30 kami sampai di asrama haji bekasi, sesampainya disini kita langsung masuk ke aula dan mengikuti serangkaian acara penerimaan diantaranya mendengarkan hak dan kewajiban, nanti sore ada pemeriksaan kesehatan, dan pada jam 2 malam langsung berangkat ke bandara sukarno hatta, ada kartu makan dan kartu pemondokan.

Ada sweeping makanan, semua makanan yg dibawa dari luar asrama khususnya yg basah atau cair dibawa oleh petugas demi kesehatan jema'ah kemudian kita dibagi kartu akomodasi, kalau warna kuning di gedung D klo biru di gedung C disini dipandu oleh 5 TPHI dan mereka pun memperkenalkan diri satu per satu. Setelah itu kita dibagi gelang identitas, tiap orang harus memakainya jaga-jaga kalau nanti kesasar atau hilang disitu tertera no pasport dan identitas kita.

Istirahat dari mulai jam 5 sore sampe jam 12 malam kemudian bangun persiapan berangkat ke bandara sukarno hatta pukul 2 malam yang didahului dengan pembagian living cost. Sebelum berangkat, kami, KBIH AL Hasan, berkumpul terlebih dahulu di lantai 1 gedung D membicarakan persiapan-persiapan yang harus kita lakukan, ada beberapa hal yang saya catat yaitu perjalanan ini memerlukan kesabaran dalam segala hal, bulatkan niat, dan harus pintar mengatur waktu istirahat.

2 oktober 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar