Stay Positive! Stay Productive!



Stay Positive! Stay Productive!

Penulis : Heri Siswanto


Liburan adalah hal yang paling dinantikan oleh semua kalangan, terutama bagi santri yang memang jarang pulang karena menempuh pendidikan di Pesantren. Sama seperti kebanyakan santri lainnya, santri Pondok Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis juga sedang menikmati masa libur Ramadhan 1444 H sejak Kamis, 12 April 2023 sampai Sabtu, 6 Mei 2023. Tidak jarang dari mereka yang seringkali beranggapan dan memilih untuk menghabiskan waktu liburan di rumah dengan hanya bersantai atau bermalas-malasan sebagai ganti dari hari-hari yang mereka telah habiskan dengan belajar satu tahun lebih di tempat yang sering mereka sebut dengan penjara suci. Tentu kita harus ingat nasihat dan amanat Pengasuh pada malam muwadda’ah “selama liburan santri diharapkan dapat tetap produktif dan senantiasa meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT”. Pertanyaannya kemudian bagaimana agar mengisi liburan tidak dengan bermalas-malasan dan pasif justru dengan melakukan hal-hal yang produktif dan positif?

Bila dilihat dari etimologi bahasa, produktif berasal dari bahasa Inggris, yaitu product yang artinya menghasilkan suatu hal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti produktif adalah bersifat atau mampu menghasilkan. Selain itu, produktif juga bisa dimaknai dengan memberikan manfaat yang banyak atau menguntungkan. Kendati demikian, Produktif tidak melulu berarti harus melakukan hal-hal yang berat dan dianggap membosankan seperti terus terusan bekerja atau belajar, namun produktif bisa dimaknai dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat, baik itu dari sekedar melakukan hal-hal kecil untuk diri sendiri, lingkungan, dan antar sesama (Wijaya, 2021). Dalam hal ini setiap santri haruslah mempunyai target apa yang ingin dicapai dengan melakukan hal-hal yang positif sehingga dapat menjadi produktif. Berikut beberapa hal yang mungkin dapat dilakukan oleh para santri sehingga selama liburan santri tetap positif dan produktif.

Pertama, membuat mapping plan dan to-do list. Coba buat peta perencanaan dan daftar target yang akan dikerjalan selama liburan di rumah, seperti khatam al-qur'an, membantu orangtua, ikut serta kegiatan sosial, dan hal lainnya. Mapping plan dan to-do list yang dibuat akan lebih menjadikan liburan dan aktifitas kita di rumah menjadi terarah. Kedua, menjauhkan diri dari hal yang tidak berguna dan membuang waktu. Kurangi kegiatan yang menghabiskan waktu, seperti berlebihan main Hp, nongkrong tidak jelas, apalagi dengan yang bukan mahrom. Ketiga, membaca dan menulis serta mutolaah hafalan dan pelajaran. Kegiatan membaca dan menulis adalah bentuk dari penguatan literasi yang penting untuk kita biasakan agar menambah wawasan dan keterampilan, kesempatan ketika libur untuk kita upgrade diri serta tidak melewatkan mutolaah pelajaran dan hafalan supaya tetap terjaga. Keempat, semangat beribadah dan mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Libur tidak berarti nganggur, apalagi dalam hal ibadah. Aktifitas ibadah selama di Pesantren apalagi di bulan suci kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan seperti sholat fardhu, sunnah, taddarus al-qur’an, kegiatan keagamaan dan hal positif lainnya.

Kelima, berteman dengan orang-orang yang positif. Teman adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi akhlak seseorang. “Permisalan teman yang baik dan teman yang kurang baik seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. (Duduk dengan) penjual minyak wangi bisa jadi ia akan memberimu minyak wanginya, bisa jadi engkau membeli darinya dan bisa jadi engkau akan dapati darinya aroma yang wangi. Sementara (duduk dengan) pandai besi, bisa jadi ia akan membakar pakaianmu dan bisa jadi engkau dapati darinya bau yang tak sedap.” (HR. Bukhari Muslim). Maka dari itu bergaulah dengan teman yang positif selama libur ya. Demikianlah 5 tips dari mr agar santri tetap positif dan produktif selama liburan di rumah, intinya santri harus tetap produktif walaupun sedang liburan di rumah. Besar harapan agar semua yang telah dipelajari di Pesantren tidak hilang dan terlupakan karena momen liburan, yang seharusnya dijadikan kesempatan untuk sama-sama mengamalkan. Stay Positive, Stay Productive!


Pesantren Raudhatul Irfan, 15 April 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar