Tiga Elemen Penting Kesuksesan Bisnis


Tiga Elemen Penting Kesuksesan Bisnis

Penulis : Irfan Soleh


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis saat ini mengelola beberapa unit usaha. Beberapa unit usaha tersebut dikelola oleh para santri sebagai labolatorium wirausaha. Harapannya sederhana yaitu para santri bisa seimbang antara ilmu dan praktek nya. Amal atau praktek yang baik harus disertai ilmu dan begitupun ilmu yang baik adalah ilmu yang diamalkan. Tulisan ini adalah teori atau ilmu yang kami sampaikan kepada para santri yang diambil dari sebuah buku yang berjudul it's easy managing a business. di dalam buku tersebut dibahas mengenai 3 elemen penting untuk kesuksesan sebuah bisnis, apa saja ketiga elemen tersebut?

Abu Laits al-Samarqondi dalam Kitab Tanbihul Ghafilin menjelaskan bahwa , “Sebagian orang bijak berkata, ‘Amalan butuh pada empat hal agar selamat: pertama, berilmu sebelum memulainya, karena amal tidak sah tanpa ilmu. Bila amal dilakukan tanpa ilmu, mudharatnya lebih banyak ketimbang maslahatnya. Kedua, niat pada saat memulainya, karena amalan tidak sah tanpa niat. Ketiga, sabar ketika menjalankannya agar mencapai ketenangan. Keempat, ikhlas ketika selesai beramal, karena amalan tidak akan diterima tanpa keikhlasan, bila kamu ikhlas Allah akan menerima amalanmu dan hati orang-orang yang beribah pada Allah (beriman) juga akan menerimanya.”

Berdasarkan keterangan diatas, para santri Raudhatul Irfan tidak hanya disiapkan tempat praktek wirausaha tetapi juga ilmu tentang entrepreneurshipnya pun dipelajari. Menurut Cahyadi Kurniawan elemen Pertama untuk kesuksesan sebuah bisnis adalah effective leadership (kepemimpinan yang efektif). Intinya bagaimana meraih hati, jiwa dan semangat tim bisnis kita untuk berkontribusi kepada perusahaan adalah faktor utama kesuksesan perusahaan. Seorang leader yang baik harus sering melakukan introspeksi yaitu 1) apakah tim kita sudah diberikan job description yang jelas? 2) apakah harapan kita terhadap tim itu masuk akal dan cukup adil? 3) apakah mereka sudah mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan pekerjaan yang dibebankan? 4) sudahkah kita menciptakan reward and punishment yang sesuai? 5) sudahkah kita memberikan kebebasan berkreasi pada tim kita sehingga muncul atmosfir kreatifitas dan inovasi nya? dan masih banyak yang harus diperhatikan dalam hal effective leadership

Semangat tim yang luar biasa belum cukup, harus ada sistem yang mengatur. tanpa sistem yang baku, operational perusahaan sangatlah tergantung pada mood karyawan. Sehingga elemen penting untuk kesuksesan perusahaan kita yang Kedua adalah Operation Mastery. Fondasi operasi yang lancar diperlukan sistem. Sistem adalah suatu prosedur standar yang tentunya sudah teruji dan terekam dengan baik dalam catatan atau dalam bentuk audio visual, dimana dengan mempelajari sistem tersebut dalam waktu relatif singkat, semua orang sudah bisa mengerjakan tugas sesuai prosedur dan menghasilkan hasil yang standar. Sistem juga harus diukur dan diuji untuk perbaikan yang berkesinambungan. Kemudian fahami bagaimana cara menyusun budget yang realistis, cara mendongkrak laba, cara mengukur kinerja, manajemen strategi dan lain sebagainya

Elemen kesuksesan bisnis yang Ketiga adalah flawless execution (pelaksanaan yang mulus). Leader sudah ok, sistem sudah ok tinggal bagaimana eksekusinya. Menurut buku it's easy managing business, Sistem yang dilaksanakan dengan mulus harus memiliki pengukuran bahwa semua langkah sudah dilaksanakan dengan tepat. ini memerlukan kebiasaan eksekusi yang prima, cara ukur yang konstan dan siklus perbaikan yang terus menerus. Kesimpulannya, Kesuksesan bisnis memerlukan leader yang baik, memerlukan skill yang mumpuni dan eksekusi yang mulus. Semoga para santri bisa belajar dari teori ini dan berupaya mempraktekannya sedikit demi sedikit karena ilmu ketika sudah diamalkan maka ia akan bertambah dan keberkahannya akan bisa dirasakan. Setelah memahami ilmu nya dilanjut niat yang lurus, sabar dalam menjalani prosesnya disertai keikhlasan maka insya Allah akan berbuah pahala dari Allah SWT.


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 23 Maret 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar