MES Ciamis dan Peningkatan Literasi Ekonomi Keuangan Syari'ah Masyarakat Kabupaten Ciamis


MES Ciamis dan Peningkatan Literasi Ekonomi Keuangan Syari'ah Masyarakat Kabupaten Ciamis

Penulis : Irfan Soleh


Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pengurus Daerah Kabupaten Ciamis Periode 2020-2023 akan melaksanakan Musyawarah Daerah pada hari kamis 16 Maret 2021. Momen Musda menjadi momen yang pas untuk melaporkan sejauh mana kinerja kepengurusan dengan melaporkan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan. MES merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengembangkan dan membumikan ekonomi syariah sebagai sistem ekonomi yang berkeadilan dan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Mengetahui tingkat literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah menjadi sangat penting untuk mengukur sejauh mana dakwah eksyar ini membumi. Apa yang dimaksud dengan Literasi Ekonomi Syari'ah? Sudahkah Masyarakat terkategori well literate? Apa yang sudah dilakukan MES Ciamis untuk meningkatkan literasi Masyarakat Kabupaten Ciamis?

Menurut Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, literasi ekonomi syariah adalah pengetahuan mendasar mengenai prinsip-prinsip ekonomi dan keuangan (economic and financial knowledge) menurut aturan Islam (syariah), serta memiliki keterampilan (financial skill) dan keyakinan (financial confident) dalam mengelola sumber keuangannya (financial behavior) secara tepat guna, untuk mencapai kesejahteraan (well-being) dan keseimbangan dunia dan akhirat sesuai tuntunan agama. Untuk meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah tentu perlu dorongan semua pihak dan MES disemua daerah termasuk MES Ciamis punya tugas untuk terus meningkatkan literasi dari mulai yang not literate hingga well literate. Kerja ibadah yang tidak mudah ditengah beragam keterbatasan. 

Terdapat empat klasifikasi literasi yaitu Pertama, Well Literate adalah Kondisi seseorang yang mengetahui dan memahami dengan baik serta memiliki kemampuan (skill) numerik, perilaku, dan sikap positif, guna perencanaan dan pengelolaan ekonomi dan keuangan syariah. Kedua, Sufficient Literate yaitu Kondisi seseorang yang cukup mengetahui dan memahami serta memiliki kemampuan (skill), perilaku dan sikap positif, dalam perencanaan dan pengelolaan ekonomi dan keuangan syariah. Ketiga, Less Literate yaitu Kondisi seseorang yang kurang mengetahui dan memahami serta tidak memiliki kemampuan (skill) numerik, perilaku dan sikap positif, guna perencanaan dan pengelolaan ekonomi dan keuangan syariah. Keempat, Not Literate yaitu Kondisi sesorang yang tidak mengetahui dan memahami prinsip (istilah) ekonomi maupun keuangan syariah.

Masih Menurut Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, Pada tahun 2021, indeks literasi ekonomi syariah di Indonesia mencapai 20,01%. Indeks literasi ekonomi syariah tahun 2021 meningkat dibanding indeks literasi berdasarkan hasil survei tahun 2019 yang sebesar 16,28%. Berdasarkan angka indeks literasi tersebut, pada tahun 2021 dapat diasumsikan bahwa dari sekitar 100 orang penduduk muslim Indonesia terdapat sekitar 20 orang yang “well literate” terhadap ekonomi syariah. Peningkatan ini terutama didorong oleh aspek pengetahuan terhadap prinsip dan nilai ekonomi syariah. MES Ciamis dengan beragam kegiatan yang akan kita paparkan secara singkat tentu ikut andil dalam upaya meningkatkan tingkat literasi masayarakat tersebut. Kegiatan apa saja yang sudah MES Ciamis lakukan? 

MES Ciamis Periode 2020-2023 mempunyai empat divisi yaitu divisi sektor riil, divisi sektor keuangan, divisi ZISWAF dan divisi dakwah dan kerjasama. Divisi sektor riil mempunyai program Sekolah Wirausaha, kami bekerja sama dengan Alumni Doktor Manajemen Bisnis Universitas Padjajaran Bandung angkatan 2015 B. 12 tema tentang kewirausahaan kami hadirkan dengan tema dan pembicara yang beragam yang tidak hanya doktor juga praktisi bisnis. Kami pun gencar melakukan sosialisasi sertifikasi halal dan perizinan usaha untuk membantu pelaku UMKM. Kemudian Divisi Sektor Keuangan mempunyai program Sekolah Keuangan Syari'ah. Kami bekerjasama dengan alumni International Islamic University Malaysia yang tergabung dalam Islamic Economic Forum for Indonesia Development. Sepuluh tema seputar keuangan syariah kami hadirkan dengan pembicara akademisi dan juga praktisi dibidangnya

Divisi ZISWAF bekerjasama dengan BAZNAS Ciamis tidak kurang dari sebelas kegiatan baik berupa seminar maupun sosialisasi ZISWAF, outlearning dan literasi movement Zakat infaq sedekah dan wakaf. kemudian divisi dakwah dan kerjasama, kami sering melakukan edukasi baik ke sekolah-sekolah maupun kampus untuk meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah bagi para siswa dan mahasiswa. Beragam kegiatan bekerja sama dengan Bank Syari'ah, Asuransi Syari'ah, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan wilayah priangan timur. Semua itu dilakukan agar tingkat literasi ekonomi dan keuangan masyarakat kabupaten ciamis terus meningkat hingga semakin banyak masyarakat yang sampai pada tahap well literate. Proses membumikan visi MES yaitu Ekonomi dan Keuangan Syariah yang berkontribusi signifikan dalam ekosistem perekonomian nasional tentu tidak mudah namun kami MES Ciamis berupaya dengan apa yang kami bisa terus mewujudkan visi tersebut, Semoga Allah SWT memberi kemudahan dan kekuatan pada kita semua agar istiqomah mendakwahkan ekonomi dan keuangan syariah, Amin...


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 14 Maret 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar