Meningkatkan Literasi Baca Tulis Masyarakat Ciamis


 

Meningkatkan Literasi Baca Tulis Masyarakat Ciamis


Irfan Soleh


Forum Lingkar Pena (FLP), Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Ciamis berkolaborasi dalam meningkatkan literasi masyarakat kabupaten Ciamis. MES fokusnya pada literasi ekonomi dan keuangan syariah, FLP dan TBM fokusnya pada literasi baca tulis. ketiganya disatukan dalam sebuah acara bedah buku Catatan Ekonomi dan Pendidikan Pengasuh Pesantren Raudhatul Irfan. Kenapa literasi khususnya baca tulis perlu ditingkatkan? bagaimana upaya FLP dan elemen lainnya dalam peningkatan literasi khususnya di kabupaten Ciamis?

Mengapa literasi perlu ditingkatkan? Menurut hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang diterbitkan pada maret 2019 kategori kemampuan membaca, sains, dan matematika, skor Indonesia tergolong rendah karena berada di urutan ke-74 dari 79 negara. Sedangkan, menurut United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatoin (UNESCO) di tahun 2016 menyebutkan bahwa minat membaca masyarakat Indonesia sangat rendah. Dimana hanya 0,001 persen atau 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang rajin membaca.

Dampak dari tingkat literasi yang rendah itu banyak sekali diantaranya adalah kebodohan, produktivitas masyarakat yang rendah, pendidikan tidak berkualitas, kemiskinan yang meluas, kriminalitas semakin tinggi, dan masih banyak lagi. Kita semua faham bahwa standar prilaku seseorang seharusnya memakai standar ilmu dan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu adalah dengan membaca. sementara untuk sukses baik di dunia maupun di akherat harus dengan ilmu, tentunya ilmu yang diamalkan yang disertai keikhlasan.

Menyadari banyak sekali dampak negatif dari rendahnya literasi, Forum Lingkar Pena (FLP) dan organisasi lainnya berupaya meningkatkan literasi baca tulis khususnya di kabupaten Ciamis dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya bedah buku. Acara bedah buku bisa menginspirasi agar rajin menulis. seseorang yang rajin menulis otomatis ia rajin membaca. sehingga dengan mengajak untuk rajin menulis sebenarnya sekaligus juga mengajak untuk rajin membaca

Program lainnya adalah mendekatkan masyarakat pada buku dan perpustakaan. Alhamdulillah Perpustakaan Daerah Kabupaten Ciamis sekarang sudah lebih baik dimana di dalamnya sudah semakin banyak koleksi buku nya bahkan ada juga literasi sains dan film. Perbaikan Perpusda Ciamis membuat tingkat kunjungan ke perpusda menjadi meningkat. Contohnya para siswa SMPIT-SMAIT Irfani QBS menjadi ketagihan berkunjung ke Perpusda. Forum TBM tentu punya andil besar dalam meningkatkan literasi masyarakat umum sehingga mudah-mudahan kolaborasi FLP dan TBM bisa meningkatkan literasi baca tulis masyarakat Ciamis


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 30 Maret 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar