Zidni, Attaqi dan Al Qur'an Story


Zidni, Attaqi dan Al Qur'an Story

Penulis : Irfan Soleh


Hari pertama liburan Zidni Rasikh Irfani juga Attaqi Ghani Irfani kami isi dengan mengunjungi toko buku. Kami berupaya membiasakan anak-anak kami untuk suka membaca sedikit demi sedikit dimulai dari mengajak melihat-lihat gambar sampul buku, membaca judul-judul buku hingga akhirnya menemukan buku yang mereka mau baca, salah satu buku yang dibaca zidni dan didengarkan adiknya attaqi adalah Al Qur'an Story. Mau tau isi bukunya tentang apa? Kisah dalam surat apa yang dibaca zidni?

Buku yang dibaca Zidni berjudul 114 Al Quran Stories ; Pengetahuan tentang Surat Al Qur'an. Buku ini berisi 114 cerita yang diambil dari setiap surat dalam Al Quran. Para pembacanya bisa mengetahui nama-nama surat dalam al Qur'an sekaligus mengambil pelajaran dari cerita-cerita yang penuh hikmah dan pelajaran. Bukunya dilengkapi ilustrasi yang indah dan membuat zidni dan attaqi tambah semangat membacanya.

Zidni memilih membaca cerita dari surat al Jinn Juz 29 karena hafalan Qur'an zidni memang baru sampai sana. Kisah yang diambil dalam surat al Jinn adalah tentang kisah jin yang masuk Islam. Kisahnya berawal dari serombongan jin yang sedang melakukan perjalanan menuju Tihamah daerah di batas pantai laut merah. Saat melintasi Nakhla Saudi mereka mendengar QS Arrahman yang dilantunkan Rasululloh SAW saat memimpin jama'ah shalat subuh.

Para jin mendengar lantunan surat Arrahman dengan khusuk yang kemudian mereka seperti tersihir oleh bacaan Quran Rasulullah tersebut dan mereka merasakan betapa banyak nikmat yang Allah SWT berikan kepada mereka. Usai shalat berjamaah, pemimpin rombongan jin menemui Rasulullah SAW dan mengatakan ingin belajar al Qur'an hingga akhirnya mereka menyatakan diri masuk Islam. Tidak hanya berhenti disitu, mereka pun pulang ke kampung halamannya dan mendakwahkan islam pada kaumnya.

Ini baru satu kisah saja yang dibaca Zidni dan ia mengatakan akan menyicil membaca cerita-cerita lainnya selama liburan di rumah. Buku ini bagi saya sangat luar biasa bermanfaat karena bisa mendampingi anak-anak kita mengenal al Qur'an lebih dekat melalui kisah-kisah yang ada di setiap suratnya. Berkisah juga merupakan cara yang efektif untuk membangun jiwa dan menanamkan nilai-nilai teladan serta akhlaq mulia pada anak kita. Semoga Zidni betul-betul membacanya sampai khatam selama liburan...


Toko Buku, 20 Desember 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar