Upaya Orang Tua Memahami Perkembangan Anak


" Upaya Orang Tua Memahami Perkembangan Anak "

Penulis : Irfan Soleh

Hari ini, Senin 19 Desember 2022, anak kami yang kedua yaitu Attaqi Ghani Irfani dibagi Raport semester 1. Kami sebagai orang tua hadir dan mendengarkan secara langsung perkembangan Attaqi dari Wali Kelasnya. Alhamdulillah Attaqi mengalami banyak kemajuan dalam berbagai aspek. Sebagai Orang Tua, tentu kita harus berupaya memahami dan memantau perkembangan anak. bagaimana seharusnya orang tua menyikapi isi raport atau perkembangan putra putri kita? Upaya apa yang harus dilakukan oleh orang tua agar bisa memahami dan menemani tumbuh kembang anak kita?

Berdasarkan catatan laporan Gurunya, Attaqi mengalami banyak kemajuan dalam aspek Moral Agama, Kognitif, Fisik Motorik, Bahasa, Sosial Emotional dan Seni. Attaqi sudah hafal surat-surat pendek sampai al Kautsar, sudah mengikuti dan mengetahui tata cara wudhu, asmaul husna, do'a-do'a pendek dan hadits yang sudah diberikan disekolah serta tilawahnya sudah sampai Iqro 1 halaman 26. Attaqi sudah mulai melakukan berbagai gerakan baik kegiatan motorik kasar maupun halus dan juga sudah dapat berhitung dari 1 sampai 10 secara urut.

Attaqi sudah dapat menggunakan strategi sederhana untuk memecahkan masalah seperti bermain lego juga sudah dapat mengelompokan benda berdasarkan ciri tertentu, mengenal konsep ukuran, sabar ketika menunggu giliran, sudah terbiasa membantu merapikan mainan ke tempatnya, sudah bisa mengekspresikan perasaannya, dan sudah bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Potensi Attaqi berdasarkan laporan perkembangan peserta didik sudah mulai terlihat dan berkembang dalam bidang tahfidz, juga aspek fisik motori dan seni.

Bagaimana seharusnya sebagai orang tua menyikapi isi laporan perkembangan anak kita? Pertama, kami terlebih dahulu mendengarkan secara langsung paparan dari guru atau wali kelasnya. Kedua, kami benar-benar membaca isi raport atau laporan perkembangannya, jangan sampai kita sebagai orang tua hanya menerima raport tanpa dibaca sama sekali. Kemudian yang ketiga kami melakukan Cross Check, apakah apa yang tertera didalam laporan perkembangan peserta didik sesuai dengan faktanya atau tidak karena bisa jadi disekolah dengan di rumah mungkin berbeda dan kita harus menganalisis perbedaan tersebut dari mulai penyebab dan juga mencari solusinya.

Memahami perkembangan anak memang tidak mudah karena kita harus mengetahui beragam faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal namun setidaknya kita sebagai orang tua memahami 4 ranah utama dari perkembangan putra putri kita yaitu perkembangan fisik, intelektual atau kognitif, emosi juga sosial. Terkait 4 ranah ini sebenarnya sudah ada di buku raport atau laporan perkembangan putra putri kita tinggal kita kaji, analisis atau kita bisa menanyakan pada ahlinya. Intinya jangan sampai orang tua tidak memperhatikan perkembangan putra putri kita dan merasa sudah cukup dengan menyekolahkan atau memesantrenkan saja, karena peran orang tua, guru di sekolah atau pesantren dan peserta didiknya harus saling bersinergi satu sama lain.


Pesantren Raudhatul Irfan, 19 Desember 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar