Kandungan Pokok Al Qur'an


" Kandungan Pokok Al Qur'an "

Penulis : Irfan Soleh

Menurut Prof Quraish Shihab ada 3 hal pokok kandungan al Quran, pertama tujuan kehadiran al Qur'an, kedua Cara al Qur'an mencapai tujuannya, dan ketiga bukti kebenaran al Qur'an bagi mereka yang ragu akan al Qur'an. Sementara menurut Imam Al Ghazali didalam kitab Jawahirul Qur'an menuliskan bahwa surat dan ayat al-Qur'an berisi tentang enam perkara; tiga perkara mendasar dan sangat penting dan tiga perkara lain bersifat pelengkap dan penyempurna. bagaimana rincian poin-poin yang dikemukakan oleh Prof Quraish Shihab dan Imam al Ghazali tentang kandungan Pokok Al Qur'an?

Kandungan Pokok Al Qur'an yang pertama menurut Prof Quraish Shihab adalah Tujuan kehadiran al Qur'an, ada tiga tujuannya yaitu pertama adalah akidah. banyak ayat-ayat al Qur'an yang berkaitan dengan akidah. tujuan yang kedua adalah syariah yaitu yang mengatur hubungan kita dengan Tuhan dan dengan manusia supaya kita melaksanakannya. Tujuan yang ketiga adalah akhlaq. banyak ayat al Qur'an yang berbicara tentang akhlaq. jadi Tujuan kehadiran al Quran yaitu percaya pada aqidahnya, melaksanakan syariatnya dan menghiasi diri dengan akhlaq.

Kandungan Pokok AL Qur'an yang kedua menurut Prof Quraish Shihab adalah cara agar sampai pada tujuan al Quran, ada 4 caranya yaitu; Pertama, Allah meminta kita memperhatikan alam raya contoh QS Yasin ayat 38. Kedua, berbicara tentang memahami manusia seperti QS al Qiyamah ayat 37-38. Ketiga, melalui Kisah-kisah dalam al qur'an baik kisah tentang perorangan maupun masyarakat agar kita bisa mengambil pelajaran dari kisah tersebut. Keempat, Allah memberi janji dan ancaman, banyak ayat-ayat al Qur'an tentang janji dan ancaman.

Kandungan Pokok Al Quran yang ketiga menurut Prof Quraish Shihab adalah bukti kebenaran Al Qur'an atau mu'jizat al Qur'an. Diantara beberapa mu'jizat al Quran yaitu Bahasanya, redaksinya begitu teliti dan seimbang, bukti kebenaran dari segi ilmiah, pemberitaan-pemberitaan ghoibnya, tentu masih banyak bukti kemu'jizatan al Qur'an yang lainnya. Sekarang mari kita bandingkan pendapat Prof Quraish Shihab dengan pendapat Imam Al Ghazali mengenai kandungan Pokok Al Qur'an.

Menurut Imam Al Ghazali surat dan ayat al Qur'an berisi tiga perkara mendasar dan sangat penting yaitu Pertama, Mengenal Allah Dzat yang diserukan. Kedua, mengenal jalan lurus yang harus ditempuh agar sampai kepada Dzat yang diserukan yaitu Allah SWT dan Ketiga, mengetahui keadaan setelah sampai kepada Allah SWT, Dzat yang diserukan. 

Kemudian ada 3 perkara pelengkap dan penyempurnanya yaitu, Pertama, mengenali keadaan orang-orang yang telah memenuhi seruan Allah. Kedua, mengisahkan keadaan orang-orang yang menolak seruan Allah. Ketiga, mengenal keramaian di persinggahan jalan menuju Dzat yang diserukan, mengetahui bagaimana cara mengambil bekal, memanfaatkan potensi, dan melakukan persiapan.

Kesimpulannya kalau kita bandingkan kedua pendapat mengenai Kandungan Pokok Al Qur'an baik menurut Prof Quraish Shihab maupun menurut Imam Al Ghazali di dalam kitab Jawahirul Qur'an nya, persamaannya adalah Rahasia, intisari, kandungan, dan tujuan tertinggi al Qur'an adalah mengajak kita sebagai hamba menuju Allah SWT baik lewat ayat-ayat mengenai Aqidah Syariah maupun akhlaqnya juga melalui mengenal Allah dan mengetahui jalan yang harus kita tempuh agar sampai kepada Allah SWT. 


Pesantren Raudhatul Irfan, 5 Desember 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar