Mendaras Film Ranah 3 Warna


Mendaras Film Ranah 3 Warna

Penulis : Irfan Soleh

Forum Lingkar Pena Kabupaten Ciamis tidak hanya membaca, mempelajari, membedah buku namun juga sesekali kita mendaras film. Salah satu makna mendaras menurut KBBI adalah Belajar (mempelajari, menyelidiki) dengan sungguh-sungguh. Film ranah 3 warna harus kita tonton bahkan kita bedah karena film ini tidak hanya menjelaskan tentang bagaimana impian tetap wajib dibela habis-habisan namun juga tentang motivasi literasi. Seperti apa hasil bacaan kita akan film tersebut? Apa pelajaran yang bisa kita ambil?

Kisah bagaimana seorang Alif Fikri punya cita-cita ingin keluar negeri hampir mirip dengan sosok yang saya tuliskan dalam cerpen si nafri memapah hari mengejar mimpi. Bagi seorang pemimpi, pelajaran yang bisa kita dapatkan dari film ini adalah 2 mantra sakti yaitu man jadda wajada dan man shobaro dhofiro. Kesungguhan saja ternyata tidak cukup namun juga diperlukan kesabaran yang luar biasa dalam proses mengejar impian. Sabar saat menjalani proses tidak semudah teorinya, diceritakan dalam film tersebut hampir-hampir alif putus asa tapi meskipun ia digelung nestapa tak berkesudahan, ia tetap percaya orang yang sabar akan mendapatkan keberuntungan.

Fragmen film yang saya sukai adalah momen ketika alif memperlihatkan beragam tulisannya yang tersebar di berbagai media massa sebagai pengganti pertunjukan seni tari yang tak ia kuasai. Alif menegaskan bahwa tulisan, literasi, ide adalah ukuran-ukuran peradaban maju yang jarang kita perlihatkan ke bangsa barat. Yang sering kita banggakan adalah kesenian namun bukan berarti itu jelek hanya saja Indonesia harus dikenal dan diakui lebih dari sekedar negara yang pintar menari dan menyanyi tetapi juga bangsa yang bisa berbicara ide besar dalam tulisan dan itulah ciri bangsa besar.

Seorang Alif Fikri dalam film dan juga novelnya ingin menjelaskan bahwa kemampuan mengekspresikan ide dengan tulisan adalah bukti bahwa kita bangsa Indonesia punya peradaban yang tinggi, punya peradaban yang maju. Menulis berbagai hal, menulis ide-ide besar, menulis tentang budaya, menulis tentang seni, menulis tentang apa yang bisa kita kontribusikan untuk negara Indonesia tercinta. Semua bangsa besar adalah bangsa yang gemar menulis dan membaca. Kita harus membuktikan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan cara kita sebagai generasi muda harus gemar menulis dan membaca. Poin penting dari film ranah 3 warna adalah motivasi literasi!

Sukabumi, 2 Juli 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar