Program Ventilasi dan Literasi


Program Ventilasi dan Literasi

Penulis : Irfan Soleh

Ventilasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pertukaran udara. Sistem ventilasi harus ada untuk mengatur pertukaran udara dari luar kedalam dan sebaliknya untuk mengontrol kualitas udara dalam ruangan. Namun Program Ventilasi yang kami maksud dalam tulisan ini adalah program penyegaran para santri. Santri tentu dibatasi ketika ingin keluar komplek sehingga kami mempunyai program membawa santri keluar komplek agar tidak bosan. Program penyegaran tersebut kami namakan program ventilasi misalnya kami rutin mengajak para santri berolah raga keluar komplek pesantren pada hari minggu pagi. Namun program ventilasi hari ini berbeda dari biasanya karena ada hubungannya dengan peningkatan literasi. Seperti apa keseruannya? 

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, pepatah itu kami aplikasikan pada program ventilasi dan literasi. Hari ini, Senin 21 Juni 2022, kami beserta siswa kelas 9 Smpit Irfani Qbs dan kelas 12 Smait Irfani Qbs mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Ciamis. Hampir dua tahun perpusda tidak bisa menerima kunjungan dikarenakan pandemi namun saat ini sudah mulai kembali dibuka. Kesempatan itu tidak kami sia-sia, sambil menunggu Graduation Day, siswa siswi kelas 9 dan kelas 12 bisa sedikit hiburan sambil belajar karena ternyata di perpusda ciamis tidak hanya ada buku-buku yang banyak namun juga ada Ruang Antariksa dan Ruang Audio Visual. Di Ruang Audio Visual, para siswa bisa nonton 2 film dengan masing-masing durasinya sekitar 10 menitan. Tentu hal tersebut membuat para siswa bergembira.

Setelah menikmati Ruang Antariksa dan nonton 2 film tentang dinosaurus & persahabatan, para siswa diarahkan ke ruang baca. Ada empat ruangan baca di perpusda Ciamis. 2 ruangan untuk dewasa dan remaja dan satu ruangan untuk anak-anak lengkap dengan mainannya dan satu ruangan lagi adalah ruangan referensi dimana para siswa hanya bisa membacanya ditempat tidak bisa dipinjam seperti buku dari 3 ruangan yang lainnya. Para siswa diarahkan untuk memilih salah satu buku sesuai minat mereka kemudian mereka diharuskan membuat tulisan tentang apa yang mereka baca. Kumpulan Tulisan tersebut harapannya nanti akan menjadi sebuah buku yang bisa meningkatkan motivasi para siswa untuk menulis dan melahirkan karya seperti artikel yang akan ditempel di mading atau bahkan membuat buku. Kami akan mewajibkan semua siswa dan juga guru-gurunya untuk menjadi anggota perpusda agar program kunjungan ini bisa terus kita lakukan.

Banyak manfaat yang bisa siswa dapatkan dari program kunjungan perpusda. Pertama mereka mendapatkan penyegaran karena bisa jalan-jalan keluar komplek, kedua mereka bisa membaca beragam buku yang tidak tersedia di perpustakaan pesantren, ketiga mereka dilatih untuk mengekspresikan apa yang mereka baca pada tulisan sehingga mereka akan terbiasa membuat karya, keempat program ini bisa menjadi solusi untuk meningkatkan literasi Indonesia yang menurut Survei Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati urutan ke 62 dari 70 negara. Kedepan kami juga punya program yang akan dikerjasamakan dengan Perpusda Ciamis yaitu bedah buku dan kitab metode irfani. Sayangnya kapasitas aula nya meskipun muat untuk 100 orang namun hanya bisa diisi 50 orang saja. Namun tetap akan kami coba. Program-program tersebut akan meningkatkan literasi para siswa juga guru-guru dilingkungan Irfani Quranicpreneur Bilingual School, semoga...Amin...


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 21 Juni 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar