IRFANI STUDENT CAPACITY BUILDING

IRFANI STUDENT CAPACITY BUILDING



Penulis : Irfan Soleh

Peserta didik baik di Smpit Irfani Qbs maupun Smait Irfani Qbs harus memiliki keterampilan 4C yang diistilahkan dengan keterampilan abad 21. 4 C merupakan singkatan dari Critical Thinking atau berpikir kritis, Collaboration atau kemampuan bekerja sama dengan baik, Communication atau kemampuan berkomunikasi, dan Creativity atau kreatifitas. Untuk membentuk keterampilan tersebut, diluar kurikulum intrakulikuler dan ekstrakulikuler, kami membuat program yang bernama Irfani Student Capacity Building atau ISCB. Program ISCB juga merupakan wadah bagi para siswa mempelajari dan meningkatkan beragam soft dan hard skill. Apa yang dimaksud dengan Capacity Building? Apa yang telah dan akan dilakukan dengan program ISCB?

Menurut Brown “Capacity building is a process that increases the ability of persons, organisations or system to meet its stated purposes and objectives”. Dari definisi tersebut, secara umum capacity building adalah proses atau kegiatan memperbaiki kemampuan seseorang, kelompok, organisasi atau sistem untuk mencapai tujuan atau kinerja yang lebih baik. Capacity building bisa juga dimaknai sebagai pembangunan keterampilan (skills) dan kemampuan (capabilities). Program Irfani Student Capacity Building akan menambah dan melengkapi skill dan capabilities yang mereka dapatkan di intra dan ekstra kulikuler. ISCB juga bisa menjadi wadah bagi para motivator dan inspirator dari luar sekolah untuk berbagi ilmu dan pengalamannya kepada semua siswa dan santri Pesantren Raudhatul Irfan

3 hari yang lalu tepatnya malam minggu tanggal 18 Juni 2022, kami menghadirkan narasumber yaitu Fadlan Sidiq, penulis muda yang sudah menulis 7 buku yang diterbitkan untuk mengisi Talkshow terkait dengan penulisan dengan tema Literasi dan Ekspresi santri. Beliau menjelaskan apa itu literasi, cara milenial melek literasi media, paradigma mitos tips dan berburu ide menulis. Kemudian 2 hari yang lalu, kami juga menghadirkan kang Rais, CEO Masagi event dan wedding planner. Beliau menjelaskan kepada para santri cara menjadi event organizer yang profesional, ilmu  tersebut sangat berguna karena para santri sering mengadakan even dan event terdekat yang akan di organize oleh mereka adalah Irfani Graduation Day. Ilmu Event Organizer nya langsung mereka amalkan.

Hari ini, 22 Juni 2022, kami menghadirkan Dr. M. Irfan Hidayatulloh, M.Hum, Dosen tetap di Prodi Sastra Indonesia FIB Universitas Padjajaran. Beliau bukan hanya akademisi tetapi juga seorang penyair, penggubah lagu, vokalis, penulis buku, dan Pegiat Forum Lingkar Pena. Para santri sangat antusias mendengarkan penjelasan bagaimana proses kreatif dari puisi menjadi lagu. Banyak inspirasi yang kami dapatkan dari beliau diantara yang kami catat adalah Pertama,  Jurusan kuliah atau sekolah pilih sesuai passion dan kemampuan kita. Beliau sempat diremehkan ketika memilih sastra Indonesia namun karna passion nya disana, beliau tekuni dan akhirnya bisa sukses. Kedua, Membacalah untuk menulis dan menulislah niscaya kamu akan membaca. 

Ketiga, Banyak pelajaran kehidupan yang bisa jadi inspirasi kita berkarya. Keempat, harus produktif jangan ada waktu yang terbuang sia-sia. Beliau membuktikannya dengan membuat karya di ruang tunggu, hasil mengisi waktu ketika menunggu sesuatu. Kelima, Kemampuannya membuat puisi dan merubahnya menjadi lagu membuat kami dan para santri terpesona. Kedepan Irfani Student Capacity Building akan banyak menghadirkan inspirator-inspirator lainnya yang akan memberi pencerahan dan memompa semangat para santri. Tidak hanya mendengarkan ilmu dari para narasumber, ISCB juga harus menjadi wadah peserta didik menyalurkan kreatifitas dan inovasinya dalam rangka mengaplikasikan program Project Based Learning. Kreasi seni dan beragam kegiatan peserta didik lainnya akan menjadi bagian dari ISCB.

Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 22 Juni 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar