IQBS GROW Model for 4th Anniversary



 IQBS GROW Model for 4th Anniversary

Penulis : Irfan Soleh


Alhamdulillah SMPIT IQBS per hari ini 24 Mei 2022 menginjak usia 4 tahun. Dari tahun ketahun kami terus berupaya meningkatkan kualitas baik sarana prasarana maupun SDM-nya. Kuantitas siswa terus bertambah tentu semoga kualitas siswanya pun semakin baik. Momen ulang tahun lembaga ini kami jadikan sarana muhasabah tahunan. Kalau meminjam istilah GROW Model, yang pertama kita lihat adalah goalnya yaitu apa tujuan yang ingin dicapai oleh SMPIT IQBS, kemudian Realitasnya sudah sampai mana saat ini, apa options atau ragam pilihan yang bisa kita lakukan dan terkhir Will, apa yang SMPIT IQBS akan lakukan. Mari kita bahas satu per satu. 


Visi dari SMPIT IQBS adalah Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam bidang Dirasah Islamiah dan wirausaha melalui pendekatan qurani dan nilai-nilai IRFANI. Visi tersebut kemudian diturunkan kedalam misi, tujuan dan program. Tujuan yang diamanatkan guru kami adalah bahwa sebuah lembaga pendidikan baik itu sekolah apalagi pesantren harus berupaya mencetak Ulamaul Amilin, Imamul Muttaqin dan Muttaqin, minimal output dari lembaga pesantren adalah orang yang bertaqwa. Sehingga kami membuat tagline bahagia dengan taqwa dan akhlaq mulia.


Tujuan diatas senada dengan pendapat Prof Naquib Al Attas dimana tujuan pendidikan adalah untuk menciptakan manusia yang baik. Orang yang baik adalah orang yang menyadari sepenuhnya tanggung jawab dirinya dengan Tuhan yang haq, yang memahami dan menunaikan keadilan terhadap dirinya sendiri dan orang lain dalam masyarakatnya, yang terus berupaya meningkatkan setiap aspek dalam dirinya menuju kesempurnaan sebagai manusia yang beradab. 


Realitasnya tentu tidak mudah mencetak siswa yang bertaqwa karena banyak tantangan dan godaannya. Menurut Imam Al Ghazali dalam kitab Minhajul Abidin setidaknya ada 4 godaan yaitu dunia, makhluq, setan dan hawa nafsu. Sehingga wajar ada siswa yang bisa menghadapi godaan tersebut dan ada yang tidak. Perang melawan hawa nafsu itu menjadi perang abadi yang harus terus diupayakan agar jangan sampai kalah. Jihad siswa yang harus terus dilakukan adalah jihad melawan hawa nafsu. Prestasi terbaik siswa siswi SMPIT IQBS adalah ketika ia menang melawan hawa nafsu.


Option atau pilihan yang lembaga pendidikan berikan adalah dengan menyiapkan siswa dengan beragam ilmu dan juga diharapkan ada ruang pembiasaan agar tercipta siswa yang berakhlaq mulia. Agar siswa disiplin dalam pengamalan kebaikan dibuatlah peraturan lengkap dengan reward and punishment nya. Kemudian will dari SMPIT IQBS adalah tetap menggunakan dimensi ketaqwaan sebagai indikator keberhasilan. Pertanyaannya adalah apakah dengan adanya SMPIT IQBS bisa meningkatkan kualitas ketaqwaan kepala sekolahnya, guru-gurunya, siswa-siswinya dan semua stakeholder yang berkaitan dengannya? Jawabannya adalah semoga...Amin...


Smpit Irfani Qbs, 24 Mei 2022


Tidak ada komentar:

Posting Komentar