CARA MERUBAH AKHLAQ BURUK MENJADI BAIK


CARA MERUBAH AKHLAQ BURUK MENJADI BAIK

 Penulis : Irfan Soleh

Pada pengajian triwulan wali santri Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis bulan desember lalu, kita sudah membahas apa itu akhlaq, syarat dan rukun akhlaq menurut Imam Al Ghazali. Karena pengajian Wali Santri kemarin disatukan dengan Acara Tasyakur Milad Pesantren Raudhatul Irfan, sehingga saya tidak sempat melanjutkan pembahasan mengenai apakah akhlaq buruk bisa dirubah atau tidak? Bagaimana caranya agar menjadi akhlaq baik atau mulia? Hal ini penting dibahas karena mungkin ada beberapa wali santri yang belum melihat perubahan akhlaq putra putri nya. Sehingga melalui tulisan ini saya ingin menyampaikan hal tersebut sebagai pengganti pengajian triwulan wali santri bulan maret 2022.

Banyak orang yang menyangka akhlaq buruk itu tidak bisa dirubah karena dianggap sebagai watak dasar atau tabiat yang tidak mungkin dirubah. Padahal menurut imam Al Ghazali Akhlaq buruk itu bisa dirubah karena apabila akhlak seseorang tidak dapat dirubah maka menjadi sia-sia apa yang disebut wasiat bijak, berbagai bentuk nasihat dan juga pendidikan. Tujuan lembaga pendidikan adalah bagaimana merubah peserta didik beriman, bertaqwa dan berakhlaq mulia. Jadi mindset yang harus dimiliki oleh para wali santri adalah keyakinan bahwa dengan dipesantrenkan dan disekolahkan putra putri kita bisa berubah akhlaqnya dari buruk menjadi baik dan dari baik menjadi lebih baik.

Karakter manusia itu berbeda-beda, ada yang cepat menerima perubahan dan ada yang lambat perubahannya. Menurut Imam Al Ghazali sebagaimana tubuh manusia itu pada mulanya tidaklah dijadikan sempurna. Ia menjadi sempurna dan kuat melalui proses pertumbuhan, pendidikan dan asupan makanan. Begitupun dengan jiwa kita, ia bisa sempurna dengan didikan, akhlaq yang baik dan asupan ilmu pengetahuan. Tubuh yang sehat harus dijaga, kalau sakit harus disembuhkan begitupun jiwa kita yang bersih murni harus terus dipelihara dan dijaga, kalau kotor dan berpenyakit harus diobati. Perbuatan buruk yang menjadi penyakit kalbu harus dilawan dan diobati dengan perbuatan baik.

Bagaimana caranya agar bisa merubah akhlaq buruk menjadi baik? Menurut Imam Al Ghazali akhlaq yang baik itu kembali kepada lurusnya kekuatan akal dan sempurnanya hikmah juga kepada lurusnya kekuatan mengendalikan amarah beserta nafsu syahwat. Kesemuanya itu tunduk pada lurusnya fungsi akal dan ketaatan terhadap aturan syariat. Menurut Imam Al Ghazali akhlaq mulia bisa diusahakan dengan cara mujahadah dan riyadoh. Kita harus mendorong jiwa dan kalbu secara bersama-sama untuk mengerjakan perbuatan-perbuatan baik. 

Kita harus selalu menuntut, melatih, membiasakan dan mewajibkan diri agar selalu melakukan perbuatan baik. Sebagaimana kita harus bersabar menahan pahitnya obat agar sembuh, maka kita juga harus bersabar menahan pahitnya mujahadah agar penyakit qolbu kita sembuh. Riyadoh itu awalnya mungkin dirasakan berat dan sulit namun pada akhirnya perbuatan baik bisa menjadi tabiat bagi kalbu. Jadi bagi para santri yang sudah terlihat perubahan akhlaqnya, terus tingkatkan dan bagi bapa ibu wali santri yang belum melihat perubahan yang signifikan, mari kita sama-sama mendorong putra putri kita untuk melakukan mujahadah dan riyadoh. Akan lebih baik lagi jika kita sebagai orang tuanya, guru-gurunya juga ikut bersama-sama melakukan mujahadah dan riyadoh agar kita bisa merasakan bahwa berubah menjadi lebih baik itu perlu proses, tidak mudah namun tentunya jangan putus asa apalagi menyerah. Tetap husnudzon pada Allah, dan terus berikhtiar yakin Allah akan memberi kekuatan dan kemudahan, semoga...Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar