Alpha Zone dengan Kalimah Toyyibah, Mungkinkah?


Alpha Zone dengan Kalimah Toyyibah, Mungkinkah?

Penulis : Irfan Soleh

Pagi ini Irfani Teacher Capacity Building yang keempat membahas tentang Brain Wave dan Apersepsi. Brain wave atau gelombang otak manusia menurut Joaquim Filipe dalam bukunya "Agents and Artificial Intelligence" dikategorikan dalam 5 kategori/jenis, yaitu Beta, Alpha, Theta, Delta dan Gamma. Apa kaitan antara brain wave dengan apersepsi? Bagaimana cara masuk ke alpha brain wave?  Mungkinkah masuk ke alpha zone dengan do'a kalimah toyyibah? Yuk kita bahas di tulisan ini ya

Kita hanya akan membahas gelombang alpha karena pada gelombang tersebut pintu masuk atau keluarnya potensi alam bawah sadar kita, anak-anak balita selalu dalam kondisi alpha dan itu sebabnya mampu menyerap informasi secara cepat. Dalam kondisi ini juga, otak memproduksi hormon serotonin dan endorfin yang menyebabkan seseorang merasa tenang, nyaman dan bahagia. Kondisinya rileks tetapi waspada. Gelombang otak alpha ini kisaran antara 8-12 Hz.

Bagaimana cara masuk pada alpha brain wave? Menurut Pak Marzuki pada webinar Guardian Angel sesi 4, caranya bisa dengan fun story, ice breaking, brain gym dan musik. Kami dikenalkan dengan beragam musik dari mulai musik sebagai pembukaan, pembatas waktu, musik untuk meningkatkan mood, relaksasi hingga musik untuk diskusi. Kami pun diperkenalkan dengan beragam Ice breaking dari yang kinestetis hingga non kinestetis seperti anagram, antonim dan lainnya. 

Alpha zone sebenarnya hanya satu bagian dari apersepsi untuk memastikan kesiapan otak menerima informasi. Ada hal lainnya yang harus dipersiapkan seperti warmer yaitu berkaitan dengan pengulangan materi, pre-teach yaitu berkaitan dengan informasi pendahuluan, scene setting yaitu berkaitan dengan aktifitas. Namun ada hal yang menggelitik saya berkaitan dengan alpha zone yaitu ketika musik bisa menjadi media masuk pada gelombang alpha apakah mungkin shalawat atau do'a awal belajar yang dinadzomkan pun menjadi salah satu cara masuk pada gelombang alpha? 

Pendapat pribadi saya do'a awal belajar atau kalimah toyyibah yang di nadzomkan setiap memulai pembelajaran di Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis pun bisa dijadikan pintu masuk ke gelombang alpha. Alasannya sederhana karena do'a yang dipanjatkan kepada Allah SWT atau bahkan shalawat yang dilantunkan untuk baginda Nabi di awal pembelajaran akan membawa pada ketenangan jiwa, yang pasti do'a kalimah toyyibah mengarahkan pada niat yang lurus karena Allah. 

lailahaillalloh la maujuda illalloh, Kita dibisakan belajar oleh Allah. Lailahaillalloh la ma'buda illalloh, belajar diniatkan untuk beribadah kepada-Nya. Lailahaillalloh la mathluba illalloh, belajar karena diperintahkan oleh Allah dan Lailahaillalloh la maqshuda illalloh, belajar hanya untuk mendapat Ridho Allah dilanjutkan dengan ikrar tawakal pada Allah. Bismillahitawakkalna alalloh la haola wala quwwata illa billah, merupakan bentuk kepasrahan ketawakalan kita kepada Allah karena kita hamba yang tidak punya daya upaya kecuali dari-Nya. Ikrar kalimah toyyibah meluruskan niat dan membawa ketenangan pada jiwa sehingga menurut saya bisa dijadikan wasilah masuk pada gelombang alpha karena sama-sama mempersiapkan diri baik fisik maupun jiwa menerima limpahan ilmu

Smpit Irfani Qbs Smait Irfani Qbs , 7 Maret 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar