Varian Olahan Buah-Buahan


" Varian Olahan Buah-Buahan "

Karya : Puput Hayatinnufus
(Siswi Kelas 11 SMAIT Irfani QBS)


IDENTITAS BUKU
Pengarang : Ugan T.Aceng
Penerbit : CV.ARSANAZIA
Tanggal terbit : Tahun 2015
ISBN : 978-602-72688-0-7
Tebal Halaman : 80 Halaman
Panjang buku : 21 Cm.

SINOPSIS BUKU 
        Buah-buahan kaya akan zat gizi yaitu sebagai Sumber Vitamin dan Mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk mengatur berbagai kerja organ tubuh sehingga dapat bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing. Dalam buku ini akan coba di uraikan tentang manfa’at dan khasiat dari Buah-buahan khususnya untuk kesehatan tubuh kita dan akan di uraikan juga mengenai alternatif pengolahan dari bermacam-macam buah yaitu diolah menjadi bentuk manisan,selai,dan sirop buah. Selain untuk variasi menu harian juga alternatif untuk memperpanjang daya simpan Buah-buahan.

ISI RESENSI
        Berkreasi dengan buah-buahan pada umumnya buah-buahan dimakan sebagai hidangan pencuci mulut. Untuk menghindari kebosanan dan menghasilkan produk buah yang lebih tahan lama, Buah-buahan juga dapat dikreasikan menjadi bentuk lain, diantaranya dengan memanfaatkan buah-buahan tersebut untuk pembuatan Manisan,Selai,dan Sirop buah.
Berikut ini berbagai pengolahan buah pasca panen agar buah memiliki nilai ekonomis yang tetap tinggi diantaranya ;
Manisan Buah = Manisan Buah adalah buah yang diawetkan dengan gula, Tujuan Pemberian gula dengan kadar yang tinggi pada manisan buah dan juga untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme (jamur,kapang), juga digunakan Air Garam (Natrium Benzoat) dan Air Kapur (kapur sirih) untuk mempertahankan bentuk serta menghilangkan rasa gatal atau getir pada buah.
Selai Buah : Selai Buah-buahan merupakan suatu produk yang terdiri dari Buah-buahan, Bubur buah, sari buah atau potongan-potongan buah yang diolah menjadi suatu produk lain yang berbentuk gel yang berisi buah-buahan, gula, asam, dan pectin.
Sirop Buah : Sirop adalah sejenis minuman ringan berupa larutan gula kental dengan cita rasa beranekaragam.

KELEBIHAN BUKU
Dari Buku Varian Olahan Buah-buahan banyak yang saya ketahui bahwa buah-buahan bisa diolah menjadi beberapa pengolahan diantaranya menjadi manisan buah, Selai buah, dan Sirop buah, dll.

KEKURANGAN BUKU
Menurut saya Buku ini kurang lengkap dengan berbagai macam pengolahannya, sebaiknya buah-buahan  itu bisa di buat dan diolah dengan berbagai macam pengolahan. Tidak hanya untuk manisan,selai,dan sirop, tetapi bisa diolah dengan berbagai macam pengolahan yang lain.
                                                                    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar