DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN


" DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN "

Karya : Zalfa Insani H
(Siswi Kelas 10 SMAIT Irfani QBS)

Identitas buku
Pengarang Buku : Monica Anggen
Penerbit Buku : CV. Niaga Buku Pendidikan
Tanggal Terbit : Cetakan pertama 2013, Cetakan kedua 2015
ISBN : 978 – 602 – 7932 – 09 – 8
Tebal Halaman : 60 halaman
Lebar buku : 17,4  cm
Panjang  buku : 25 cm

Sinopsis Buku

Perkembangan teknologi membantu manusia dalam meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Dari manusia yang dulunya tidak mengetahui adanya telepon hingga akhirnya sekarang kemajuan komunikasi sangat meningkat dengan ditemukannya bermacam-macam gadget yang memudahkan manusia dalam berkomunikasi.

Dengan kemajuan teknologi yang sedemikian cepat dan sedemikian berkembangnya, jelas posisi manusia mulai bergeser secara perlahan karena tenaga manusia tidak lagi potensial untuk bisa digunakan bekerja selama dua puluh empat jam penuh. Akibatnya angka pengangguran meningkat tajam dan membuat perekonomian masyarakat secara umum mulai mengalami penurunan karena kebutuhan yang semakin meningkat tidak didukung dengan peningkatan ekonomi.

Selain bergesernya fungsi tenaga manusia dengan tenaga mesin, teernyata masih ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari teknologi yang semakin maju. Dampak-dampak tersebut ada yang positif dan ada pula yang negatif terutama terhadap lingkungan hidup.

Buku ini hadir dengan harapan, kita bisa mengenali dampak-dampak tersebut dan berusaha untuk melakukan pencegahan terhadap terjadinya dampak negatif serta berusaha untuk mengembangkan menjadi lebih baik jika dampak yang ditimbulkan adalah dampak positif.

Isi Resensi Buku

Kehidupan manusia dari waktu ke waktu tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi. Hal ini dikarenakan manusia nutuh berbagai jenis teknologi untuk memudahkan, membantu, dan melancarkan kehidupannya. Semakin banyak manusia memiliki pengetahuan, maka akan semakin banyak pula ia memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu benda yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Teknologi yang dikembangkan secara terus menerus itulah yang akhirnya bisa kita nikmati hingga saat ini. Bahkan perkembangan teknologi tidak berhenti sampai saat ini karena berbagai inovasi terus dilakukan untuk menciptakan berbagai produk baru dengan fasilitas dan fitur yang semakin canggih.

Perkembangan teknologi tersebut ternyata disertai dengan dampak- dampak terhadap lingkungan baik itu dampak negatif maupun dampak positif. Contoh dampak negatif adalah ketika terjadinya penciptaan senjata. Senjata berkembang dari senjata tradisional yang bersifat hanya menyakiti, hingga akhirnya menjadi senjata yang berupa pistol yang memiliki kemampuan untuk membunuh dan akhirnya berkembang lagi menjadi nuklir yang efeknya adalah memusnahkan. Contoh dampak positif adalah membantu pekerjaan manusia agar cepat selesai.

Kelebihan Buku

Setelah saya membaca buku ini, saya menjadi tahu tentang ilmu teknologi, para tokoh dan dampak kemajuannya.

Kekurangan Buku

Menurut saya kekurangan dalam buku ini terdapat pada cover buku, karena gambar pada buku tersebut kurang sesuai dengan judul buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar