Saung Literasi Irfani

Saung Literasi Irfani

Penulis : Irfan Soleh

Sekolah unggul adalah sekolah yang fokus pada kualitas proses pembelajaran dan kualitas proses pembelajaran bergantung pada kualitas guru-guru nya. Apabila kualitas guru nya baik, mereka akan berperan sebagai "agen pengubah" siswa nya. Bagaimana caranya agar para guru bisa menjadi agen perubahan?  Strategi pembelajaran seperti apa yang bisa kita lakukan agar siswa berubah ke arah yang lebih baik? Apa saja syarat menjadi guru yang profesional dan berkualitas? 

Jawaban kami sederhana. Guru yang berkualitas itu adalah guru yang punya jiwa pembelajar. Guru yang tidak hanya mengajar tetapi terus belajar bagaimana merubah diri sendiri dan orang lain terutama peserta didiknya. Guru yang kreatif dan inovatif menciptakan atmosfir perubahan ke arah yang lebih baik. Guru yang berkualitas adalah Guru yang tidak pernah berhenti belajar. Untuk menciptakan guru pembelajar, Hari ini, 14 Agustus 2021, kami meresmikan Saung Literasi Irfani. Saung sederhana tempat civitas SMPIT-SMAIT khususnya bapa ibu guru untuk terus belajar menjadi pengajar yang membawa perubahan.

Kami membuat program bedah buku dan buku pertama yang kami bahas adalah buku sekolahnya manusia karya Pak Munif Chatib. Banyak banget yang kami dapatkan dari buku ini diantaranya adalah terkait merancang strategi pembelajaran. Beliau mengatakan bahwa sebaik apapun kurikulumnya, sulit berhasil apabila tidak dijalankan dengan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan siswa-siswa. Masalahnya adalah banyak guru yang kesulitan merancang strategi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan gaya belajar siswa. 

Buku ini menawarkan 5 langkah strategi pembelajaran yaitu 1) batasi waktu guru dalam melakukan presentasi (30%), limpahkan waktu terbanyak (70%) untuk aktifitas siswa. 2) gunakan modalitas belajar tertinggi yaitu melihat, mengucapkan dan melakukan. 3) mengaitkan materi yang diajarkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung keselamatan hidup. 4) libatkan emosi siswa. 5) libatkan partisipasi siswa untuk menghasilkan manfaat yang nyata dan dapat langsung dirasakan oleh orang lain.

Sebenarnya masih banyak ilmu, pengalaman dan kisah inspiratif dari buku sekolahnya manusia. Tulisan ini hanya mengambil sedikit dari banyaknya hikmah yang bisa kita petik. Kedepan akan banyak buku-buku pembelajaran yang akan kami bedah di Saung Literasi Irfani ini karena syarat menjadi guru profesional itu diantaranya adalah harus bersedia untuk selalu belajar, teratur membuat rencana pembelajaran sebelum mengajar, bersedia di observasi, selalu tertantang untuk meningkatkan kreatifitas dan memiliki karakter yang baik. Semoga kita semua bisa menjadi guru yang profesional dan berkualitas, Amin...

Pojok Literasi Irfani, 14 Agustus 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar