Menjadi Kepala Sekolah itu Tidak Mudah

 

Menjadi Kepala Sekolah itu Tidak Mudah

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

Menjadi Kepala Sekolah banyak hal yang harus difikirkan, direncanakan, dilaksanakan dan di evaluasi. Agar terukur dan terarah, dibuatlah program kerja kepala sekolah juga laporan kegiatan pelaksanaan dan pengawasan program sekolah. Apa saja tugas pokok Kepala Sekolah? Bagaimana cara Kepala Sekolah mengembangkan dan meningkatkan mutu sekolah? Tugas Pokok kepala sekolah dalam usaha mengembangkan sekolah yaitu bagaimana upaya kepala sekolah dalam beberapa hal  1) menyusun dan atau menyempurnakan visi, misi, tujuan sekolah, 2) menyusun struktur organisasi sekolah 3) menyusun RKJM & RKT 4) menyusun peraturan sekolah dan 5) mengembangkan sistem informasi manajemen.

Dalam rangka meningkatkan mutu, Kepala Sekolah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program peningkatan mutu sekolah. Di dalamnya terdapat beberapa komponen seperti 1) kurikulum ; Dokumen kurikulum (KTSP, Silabus, RPP), kalender pendidikan, program pembelajaran 2) Kesiswaan meliputi PPDB, Penerimaan Peserta Didik Pindahan, MPLS, Pelayanan Bimbingan Konseling, Ekstrakurikuler, penghargaan peserta didik berprestasi, penelusuran dan pendayagunaan alumni 3) Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Pemenuhan pendidik, pemberdayaan pendidik,  pengembangan pendidik, pemenuhan kebutuhan tenaga kependidikan.

Tidak hanya berhenti disitu yang ke 4) kepala sekolah pun harus memikirkan sarana & Prasarana; pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan pengembangan sarana prasarana dan yang ke 5) budaya dan suasana  pembelajaran sekolah yang didalamnya terdapat kode etik sekolah. 6) peran serta masyarakat dan kemitraan 7) akreditasi 8) sistem informasi manajemen dan 9) program lain dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Diluar 9 poin diatas, Kepala Sekolah juga harus punya model kepemimpinan, keteladanan menjadi problem solver juga motivator bagi semua stakeholder sekolah. Kepala Sekolah pun dituntut untuk menerapkan jiwa kewirausahaan dilingkungan sekolah.

Semua point-point diatas harus di rencanakan dan diimplementasikan dengan baik sampai tahap laporan pelaksanaan dan pengawasan. Jadi..menjadi kepala sekolah itu tidak mudah perlu soft skill dan hard skill bahkan tidak hanya ilmu tapi juga mental dan spiritual yang baik. Tapi bukan berarti harus menunggu sempurna untuk bisa menjadi kepala sekolah. Teknik learning by doing bisa kita lakukan asalkan kita punya jiwa pembelajar. Pengalaman kami sampai saat ini dari tahun 2018 sampai 2021 menjadi kepala sekolah memang banyak tantangannya tapi ketika dijalani dinikmati dan disyukuri, skill kita pun terus bertambah seiring berjalannya waktu. Menjadi kepala sekolah memang tidak mudah tapi jangan sampai kita menyerah, terus semangat mencetak generasi Qurani, semoga..Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar