Akreditasi dan Moment Evaluasi


AKREDITASI DAN MOMENT EVALUASI

Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

Akreditasi, menurut KBBI, merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) telah menyusun Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (IASP-2020). Apa yang baru dari IASP-2020 ini? Bagaimana kami khususnya Smpit Irfani Qbs memaknai proses akreditasi?

Pada kata pengantar IASP disebutkan bahwa BAN-SM akan menerapkan pendekatan baru dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah dari penilaian berbasis administrasi (compliance) menuju penilaian berbasis kinerja (performance based) atau dari rules to principles. Hal tersebut dilakukan agar mendorong continous improvement yaitu perubahan akreditasi sekolah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada pemenuhan mutu yang lebih substantif.

IASP-2020 menitikberatkan penilaian pada 4 komponen penilaian yaitu Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru, dan Manajemen Sekolah/Madrasah. Terdapat 35 Butir Inti dengan pembagian sebagai berikut: Mutu Lulusan dari butir 1 sampai 11, proses pembelajaran dari butir 12 sampai 18, Mutu Guru dari butir 19 sampai  22, dan Manajemen Sekolah dari butir 23 sampai 35. Didalamnya ada capaian kinerja dan petunjuk teknis dari mulai definisi, pembuktian kinerja (observasi, telaah dokumen dan wawancara) dan kesimpulan penilaian. Kemudian ada 9 butir pemenuhan relatif. Skoring butir-butir tersebut   akan menentukan peringkat akreditasi sekolah apakah akreditasi A (Unggul), B (Baik), C (Cukup) atau TT (Tidak Terakreditasi).

Bagi SMPIT IRFANI QBS, tanggal 9-10 Agustus 2021 adalah momen akreditasi yang pertama. Semua Civitas Sekolah berupaya agar hasil akhirnya sesuai harapan, kami melakukan pendekatan GROW dan saling bahu membahu melaksanakan will agar sampai pada Goal yang kita susun. Kami menjadikan momen akreditasi ini sebagai momen evaluasi, momen muhasabah sejauh mana mutu pendidikan sekolah kami versi BAN SM. Pengalaman perdana sangat berharga, saya sebagai Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah berupaya dengan optimal tanpa mengenal lelah menjalani proses akreditasi ini. Apapun hasil akhirnya yang terpenting kita sudah berikhtiar sekuat tenaga mengoptimalkan prosesnya, Mudah-mudahan mendapatkan hasil sesuai goal yang kita canangkan dan sekali lagi jazakumulloh ahsanal jaza buat semuanya.

SMPIT IRFANI QBS, 8 Agustus 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar